News

Gapai Senja Bersama Sidepony

by Pohan
Mon, 11-May-2015

Sidepony mengajak penonton YouTube menelusuri perjalanan Jakarta-Jogja selama 3.28 menit lewat video musik terbarunya, "Melepas Senja" yang sengaja ditampilkan tepat menjelang matahari terbenam pukul 17.00 WIB.

Dengan single tersebut, band ini mengawali perubahan formasi, yang ini cuma bertiga, yakni: Ajung  [vokal], Bian [bass], Dian [gitar], pasca ditinggal sang drummer dua tahun lalu.

Seiring berjalannya waktu, umur Sidepony tanggal 7 Agustus mendatang sudah sewindu. Selain sibuk manggung, mereka juga tengah mempersiapkan album teranyar.

Berikut wawancara Reporter @pohanpow dengan Bian.

Ada istilah drum bagai jantung sebuah band. Bagaimana nasib Sidepony setelah ditinggal drummer?
Sejauh ini nyaman dengan formasi ini. Additional sidepony juga ikut pada proses kreatif, terkadang. Jadi, tidak mengalami kesulitan

Mana yang digarap lebih dulu, single "Melepas Senja" atau lagu soundtrack Filosofi Kopi "Melangkah Kembali"?
"Melangkah Kembali" duluan jadi musiknya. Tapi liriknya nggak beres-beres. Malah disalip sama "Melepas Senja" yang beres duluan dan dipilih jadi single pertama di formasi baru. Setelah itu dapat tawaran project FilKop [Filosofi Kopi - The Movie]. Kami sempat bikin beberapa demo lagu diajuin. Salah satunya "Melangkah Kembali" yang liriknya dibikin setelah baca skrip FilKop. Lagu itu yang dipilih Angga dan Glenn.

Lagu "Melepas Senja" kalian sebut beda dari karya sebelumnya. Hal yang paling menonjol dari segi aransemen musik atau penulisan lirik?
Dua-duanya beda. Kalo dari aransemen dan pemilihan sound mengacu pada musik '70-an. Kami udah tingggalkan isian pada album sebelumnya yang penuh delay gitar. 

Apa kalian memang lagi dengerin musik '70-an?
Terkadang, kayak Procol Harum, Bread, The Beatles. Nggak ngulik banget sih, terkadang cuma dengar aja. Kalo dari lirik juga gitu, mulai nulis yang langsung-langsung gitu

Kalau musik '70-an adalah saat ini, apakah Sidepony kepikiran untuk buat lagu "Melepas Senja"?
Walaupun tetap ada pengandaian. Hmmm... ide lagunya sebenarnya udah lama dan kebetulan musik yang pas menurut kami adalah musik nuansa '70-an. Berarti kepikiran ya? hehehhehee

Kalian memilih tidak berpuisi secara lirik di "Melepas Senja", maksudnya gimana tuh sementara judulnya masih bisa mengiyakan?
Di bagian verse lebih lugas aja penulisannya. Tapi di bagian bridge emang agak sedikit memakai kiasan. Tapi secara keseluruhan isi, memang lebih lugas. Untuk judul dipilih karena lagu ini terasa sangat "petang". Menurut kami soundtrack yang pas untuk minum teh atau kopi saat sore hari.

Kapan lagu "Melepas Senja" dibuat?
Bikin di Jakarta sekitar pertengahan 2014 kalo nggak salah musiknya. Trus kalo lirik dasarnya dari salah satu tulisan gue trus gue kasih ke Dian, dikembangkan sama dia.

Setelah "Melepas Senja" dirilis perdana Januari 2015, apakah video musiknya sudah direncanakan sejak awal?
Sekitar akhir Februari mulai kepikiran bikin klip, trus, mulai brainstorming. Ada beberapa ide sampai mentok soal biaya. Akhirnya, bulan April, kami dapat tawaran mangung di Jogja. Nah dari situ mulai muncul ide baru. Lalu kami bekerjasama dengan salah satu clothing line Indonesia "TNGR". Mereka support untuk pembuatan klip yang bercerita tentang perjalanan dari Jakarta menuju senja di Jogja.

Siapa sutradara video musik "Melepas Senja"?

Disutradarai manajer kami sendiri, Yulia Dian. DOP-nya teman kami sendiri yang biasa pegang dokumentasi video Sidepony yang terkadang juga jadi additional drummer kami, Fahri "Ara".

Apa kalian muncul dalam video atau meminjam model?
Yang muncul di video hanya vokalis kami.

Kenapa hanya vokalis?
Biar ditanyain kayak gini hehhee. Ngeliat beberapa klip Coldplay yang hanya muncul sang vokalis, ya kayaknya seru aja. Kemarin-kemarin 'kan klipnya selalu personel lengkap.

Oh cuma buat ekperimen baru aja, bukan ada alasan lain yang berkaitan sama lagu?

Emang ngambil kisah melepas senja sang vokalis yang lagi flashback.

Berapa lama proses syutingnya dan di mana lokasinya?
Shooting dari pagi di Stasiun Senen. Sepanjang jalan di kereta Jakarta-Jogja, Stasiun Tugu Jogja, seputaran kota Jogja sampai menyaksikan sunset di Taman Sari Jogja.

Apa rencana terdekat Sidepony setelah merilis video musik ini?
Rilis single "Melangkah Kembali" akhir bulan ini. Album baru lagi nyicil nih.

Sejauh mana penggarapan album baru?
40%. Lagi Mau brainstorming ide besarnya. Pengennya tahun ini rilis. Mungkin fokusnya setelah rilis "Melangkah Kembali". [][foto courtesy of Sidepony]