}
Persekusi
News

Persekusi

by Dewi
Tue, 06-Jun-2017

Commuters akhir-akhir ini sering dengar atau baca kata persekusi? Beda lho sama perkusi.. Jauuuuh. Nah, biar nggak ketinggalan, yuk pahami kata tersebut.

Kalo diintip di Wikipedia, arti kata persekusi adalah "perlakuan buruk atau penganiayaan secara sistematis oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain". Ada kata sistematis di situ, jadi persekusi bukan dilakukan oleh seseorang secara seketika. Salah satu anggota organisasi yang tergabung dalam Koalisi Anti Persekusi dari Safenet, Damar Juniarto menjelaskan, ada tahapan-tahapan yang dilakukan sebelum pelaksanaan persekusi itu.

Diawali dengan penentuan target. Termasuk di dalamnya pengumpulan data target dan upaya memviralkan. Kemudian berburu dengan memobilisasi dengan pengumuman dan koordinasi di lapangan. Setelah itu upaya untuk melakukan permintaan maaf tertulis secara paksa di atas materai lalu kembali diviralkan dengan difoto atau divideokan. Yang terakhir, tahapan mengkriminalisasikan target yang telah ditangkap dan dibawa ke polisi untuk ditahan.

Commuters, persekusi ini termasuk salah satu jenis kejahatan kemanusiaan yang didefinisikan di dalam Statuta Roma Mahkamah Pidana Internasional, karena timbulnya penderitaan, pelecehan, penahanan, ketakutan, dan berbagai faktor lain. Di Indonesia, Kabag Mitra Biro Penerangan Masyarakat [Penmas] Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiyono mengatakan, tindakan persekusi bisa diancam pidana.

Setidaknya ada tiga pasal dalam KUHP yang bisa digunakan untuk menjerat pelaku persekusi. Pasal 368 ayat 1 untuk pengancaman, pasal 351 ayat 1 untuk penganiayaan, dan pasal 170 ayat 1 untuk pengeroyokan.

Nah, serem kan? Makanya mulai sekarang Commuters, karena sekarang kalian sudah paham, sebaiknya laporkan saja ke polisi jika menemukan postingan yang meresahkan. Jangan bertindak sendiri. Kita biarkan bapak-bapak polisi yang menanganinya, baik itu tindakan preventif maupun penegakan hukum. Yes? Yes doooong… [][teks @tantedow/wikipedia.org, merdeka.com, detik.com | foto umts-stick.org & shutterstock]