}
Khansa Syahlaa Pendaki Puncak Cartenz Termuda
News

Khansa Syahlaa Pendaki Puncak Cartenz Termuda

by Pandu
Thu, 03-Aug-2017

Khansa Syahlaa baru menginjak usia ke-11 pada 16 Maret lalu Dan ia sudah menggapai puncak tertinggi Indonesia, Puncak Cartenz.

Pada 15 Juli 2017, Khansa berhasil mengibarkan merah putih di ketinggian 4.884 mdpl. Dengan ini Khansa juga dinobatkan sebagai pendaki wanita termuda yang pernah tiba di Cartenz Pyramid.



Pendakian ke Puncak Cartenz berlangsung selama 8 hari. Khansa ditemani ayahnya, Aulia Ibnu, mulai 7 Juli. Seharusnya, pertengahan tahun adalah waktu yang pas, ketika cuaca ramah di pegunungan. Faktanya, Khansa harus menghadapi hujan badai dan hujan es di perjalanan.

Belum lagi medan yang terjal. Sebab Cartenz Pyramid termasuk dalam “7 Puncak Tertinggi di Dunia”. Sebelum berangkat, Khansa telah olahfisik sebelumnya, kata sang ayah.

Sebelumnya, Khansa sudah berhasil menggapai 6 puncak tertinggi. Semeru [Jawa], Kerinci [Sumatera], Binaiya [Maluku], Latimojong [Sulawesi], Bukit Raya [Kalimantan], dan Rinjani [NTB]. Pendakian di Papua ini juga melengkapi CV Khansa sebagai pendaki 7 Summit Indonesia yang paling muda.

Hobi naik gunung ia dapat dari ayahnya yang sudah mendaki dua atap dunia, Kilimanjaro dan Elbrus. Aulia sengaja menjadikan kegiatan alam bebas, sebagai sarana alternatif membangun karakter anak-anak. [][teks @haabib_onta | foto dok. Aulia Sina, @khansa_summiters]