}
News

Di Balik Kemenangan PSM Universitas Padjadjaran di Austria

by Intern 2
Wed, 09-Aug-2017

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran [PSM Unpad], yang mewakili Indonesia berhasil mendapatkan juara pertama kategori Folksong dan juara kedua kategori Choral Works dalam ajang “54th International Competition of Choral Singing” di Spittal an der Drau, Austria, baru-baru ini.

PSM Unpad juga mendapatkan penghargaan Best Interpretation of Brahms atas penampilan PSM Unpad saat membawakan lagu wajib "Es Geht Ein Wehen". Karena prestasi gemilangnya itu, ada beberapa fakta di balik kemenangan PSM Unpad di panggung suara internasional tersebut. Berikut faktanya:

1. Sering Mengikuti Kompetisi Paduan Suara di Eropa

PSM Universitas Padjadjaran tidak hanya kali ini saja menjuarai kompetisi paduan suara di Eropa. Sebelumnya, mereka pernah merengkuh gelar juara di Spanyol tahun 2013, menyelenggarakan konser kebudayaan dan juga menghadiri undangan sebagai paduan suara satu-satunya yang berasal dari Asia.

2. "Paris Barantai", Lagu yang Membawa Kemenangan Bagi PSM Unpad

Tak banyak yang tahu bahwa lagu "Paris Barantai" berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Penciptanya adalah H. Anang Ardiansyah. Dalam kompetisi ini, PSM Unpad menyanyikan "Paris Barantai" dengan komponis muda Indonesia, Ken Steven.

3. Sering Menggelar Penggalangan Dana untuk Kompetisi

Untuk melaksanakan misi kebudayaan bertajuk "Indonesia Kirana 2017" dan kompetisi 54th International Competition of Choral Singing di Austria, PSM Unpad sering melakukan penggalangan dana, di kawasan Bandung. Mereka juga menjual tote bag atau tas suvenir berisi CD PSM Unpad, merchandise, dan lain-lain.

4. Arvin Zeinullah, Konduktor Kelas Dunia adalah Konduktor PSM Unpad

Arvin Zeinullah menjadi konduktor PSM Unpad dalam kompetisi yang diadakan di Spittal an Der Drau, Austria. Arvin sudah diakui sebagai konduktor kelas dunia, dengan menjuarai segudang prestasi paduan suara tingkat internasional.

5. Lulus Seleksi Karena Segudang Prestasi

Kompetisi yang diadakan di Austria ini ternyata 'diserbu' banyak pendaftar.  Untuk menyeleksi menjadi 10 peserta, panitia melihat catatan prestasi setiap calon peserta. PSM Unpad mempunyai segudang prestasi baik tingkat nasional maupun internasional. [][teks @apra_manuela/berbagai sumber | foto unpadchoir.com]