}
Cegah Macet Dengan “Merdeka Berjalan Kaki”
News

Cegah Macet Dengan “Merdeka Berjalan Kaki”

by Andiska
Fri, 11-Aug-2017

Kemacetan di Jakarta adalah salah satu masalah yang paling diperhatikan Pemprov DKI Jakarta. Beberapa orang yang sadar akan masalah ini lebih memilih kendaraan umum dan menjadi pejalan kaki untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi.

Salah satu jalur lalu lintas yang berhak dipakai pejalan kaki adalah trotoar dan lampu lalu lintasnya adalah kesadaran diri masing-masing. Walaupun sudah banyak perbaikan dan pelebaran untuk fasilitas ini, toh masih ada trotoar yang rusak dan yang disalahgunakan untuk tempat saling salip pengendara sepeda motor. Kalau sudah begini, pejalan kaki juga ikutan macet.

Dengan kampanye “Merdeka Berjalan Kaki”, Qlue Indonesia mengajak masyarakat untuk ikut melaporkan kerusakan dan pelanggaran yang terjadi pada trotoar di Jakarta. Ini untuk memberikan perhatian khusus untuk "Bulan Patuh Trotoar" yang dicetuskan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Sudah sepatutnya pejalan kaki mendapat perhatian dan fasilitas yang layak. Dan kewajiban terbarunya adalah melaporkan pelanggaran penyalahgunaan trotoar lewat Qlue.

Fasilitas pejalan kaki ini harus lebih diperhatikan. Parkir liar, kerusakan pada trotoar, dan tidak tersedianya fasilitas trotoar yang memadai akan sangat menggangu pejalan kaki yang pada dasarnya turut membantu mengurangi kemacetan.

Sebagai pengendara bermotor harusnya bisa lebih siap menghadapi risiko kemacetan dan jangan menggangu pejalan kaki. So, jadi pengendara yang bijak ya Commuters.. [][teks @andiskaraf | foto PR]