}
#PedestrianFirst Untuk Pejalan Kaki yang Merdeka
News

#PedestrianFirst Untuk Pejalan Kaki yang Merdeka

by Andiska
Sat, 19-Aug-2017

Kenyamanan pejalan kaki tengah menjadi perhatian pemerintah, salah satunya adalah pembangunan dan perbaikan trotoar yang sedang gencar dilakukan Pemprov DKI Jakarta. 

Bertepatan dengan Bulan Tertib Trotoar, Institute for Transportation and Development Policy [ITDP] Indonesia bekerjasama dengan Qlue Smart City, Jakarta Smart City, Dinas Bina Marga DKI Jakarta, FNF Indonesia, Jakarta Good Guide, dan I Was Here menyelenggarakan serangkaian kegiatan bertema pejalan kaki dan berjalan kaki lewat #PedestrianFirst.

#PedestrianFirst ini bertujuan mengajak warga Jakarta untuk menghidupkan trotoar dengan mulai berjalan kaki, serta mendeklarasikan tuntutan agar pemerintah mulai membangun kota yang memprioritaskan pejalan kaki.

Event #PedestrianFirst berupa site visit busway [16/08], dimulai dari Halte Bundaran Senayan berakhir di Halte Blok M. Kemudian peserta mulai jalan kaki dari Jalan Mahakam sampai ke Taman Ayodya, menuju daerah Melawai. Perjalanan dipandu Senior Communications Associate ITDP Indonesia, Fani Rachmita. "Kampanye ini memberikan edukasi pada masyarakat mengenai fasilitas pejalan kaki," ujarnya.

Dinas Bina Marga turut hadir untuk menjelaskan bagaimana proses pembangunan trotoar dan pemaparan mengenai desain trotoar yang nantinya akan disamaratakan untuk seluruh wilayah DKI Jakarta. Rencanannya, sosialisasi untuk seluruh warga DKI Jakarta untuk membiasakan diri berjalan kaki akan digencarkan pada tahun ini. Commuters, sudah membiasakan diri belum? [][teks & foto @andiskaraf]