}
Teater Abnon Hadirkan Benyamin dengan Teatrikal
News

Teater Abnon Hadirkan Benyamin dengan Teatrikal

by Andiska
Tue, 05-Sep-2017

Suatu karya memang bisa tenggelam kiprahnya, namun akan selalu terkenang. Terinspirasi dari ratusan karya dan talenta mendiang Benyamin Sueb, Teater Abang None [Abnon] Jakarta didukung Bakti Budaya Djarum Foundation akan menggelar konser teatrikal "BABE, Muka Kampung Rejeki Kota" yang mengisahkan perjalanan hidup Benyamin Sueb.

Abnon sudah berhasil menggarap pertunjukan yang mengangkat tema legenda, fakta dan sejarah Betawi di beberapa pementasan sebelumnya. Diproduseri Maudy Koesnaedi, kali ini Teater Abnon membuat gebrakan baru mengusung tema biografi untuk konser teatrikal yang dibagi menjadi 5 babak. Sedangkan Agus Noor sebagai sutradaranya.

"Konser teatrikal ini akan dibagi menjadi 5 babak yaitu, saat Benyamin kecil, Benyamin Remaja, Benyamin era '80-an, Benyamin era '90-an dan yang terakir saat beliau sudah tidak ada." jelas Maudy Koesnaedi, [30/8].

Berbekal sumber buku biografi Muka Kampung Rejeki Kota dan izin dari keluarga mendiang Benyamin Sueb, terpilihlah 30 lagu yang akan digabungkan ke dalam pementasan teatrikal yang berdurasi sekitar 2 jam.

Bukan untuk ajang menjiplak atau memiripkan segala adegan dan tokoh yang terekam dalam film-film beliau terdahulu, konser teatrikal ini bertujuan untuk menghadirkan spirit mendiang Benyamin Sueb yang melegenda. Selain itu, Teater Abnon juga berusaha menumbuhkan rasa cinta kepada generasi-generasi muda akan budaya Betawi agar bisa terus dilestarikan.

Uniknya, konser teatrikal dibawakan dengan nuansa orkestra yang dipadukan dengan gambang kromong yang disusun sedemikian rupa oleh Ifa Fachir, yang telah lama berkecimpung di dunia musik orkestra dengan Imam Firmansyah, salah satu pelestari gambang keromong.

Nonton nyok, Commuters! Tanggal 15 & 16 September 2017, tempatnye di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. [][teks @andiskaraf | foto PR]