}
Sastra Amerika Latin di Salihara
News

Sastra Amerika Latin di Salihara

by Yogira
Fri, 22-Sep-2017

Komunitas Salihara kembali menggelar acara Literature and Ideas Festival [LIFEs], di Gedung Salihara, Pasar Minggu, Jakarta, berlangsung dalam tiga pekan [07-28 Oktober 2017].

Untuk LiFEs tahun ini mengambil tema “Membaca Amerika Latin: VIVA! REBORN!”. Sastra Amerika Latin menjadi pilihannya karena dari sana banyak pemikiran penting, yang layak diapreasiasi, khususnya genre sastra realisme magis, gerakan politik adat dan sosialis, teori pembebasan, dan teori ketergantungan.

“Amerika Latin bisa diperbandingkan dengan Indonesia. Dari sejarah kolonialisme, rezim militer dan demokrasi, masalah lingkungan hingga pertemuan agama Abrahamik dan agama lokal,” kata Ayu Utami, direktur LIFEs dan kurator sastra Komunitas Salihara, dalam siaran pers.

LIFEs “Membaca Amerika Latin” akan menghadirkan sejumlah program acara, antara lain: Diskusi Meja Bundar, lokakarya What’s in a Name, dan Seruput Cerita. Yang paling menarik program Pentas Sastra, Pentas Malam: Sajian dari Selatan, yang mempertemukan sastrawan Indonesia dan Amerika Latin dalam satu panggung. Selain membaca karya sastra, mereka pun akan membincangkan isu-isu terkini terjadi di dunia ketiga, misalnya problematika politik dan iman.

Sastrawan yang akan tampil dari Indonesia adalah Ziggy Zezsyazioviennazabriskie dan Feby Indirani. Sedangkan dari Amerika Latin, ada Carmen Boullosa [Meksiko] yang karyanya menyuarakan feminisme dan Hector Abad Faciolince [Kolombia] yang dikenal sebagai sastrawan pasca-El Boom, gejala sastra Amerika Latin yang mendunia pada 1960-1980-an.

Sebagai acara penutup, LIFEs 2017 menyuguhkan ceramah dari M. Chatib Basri dan penampilan duet musik Indonesia-Venezuela. Tapi jangan lupakan juga acara lainnya, seperti pemutaran film-film Amerika Latin, bazzar buku, serta kolaborasi pertunjukan dan pameran seni rupa.

LIFEs yang terbuka untuk semua kalangan. Siapapun bisa datang ke acara ini. Informasi selengkapnya, sila kunjungi salihara.org/programs/lifes dan akun Instagram @komunitas_salihara, Twitter @salihara, Facebook ‘Salihara’, atau hubungi 021-789-1202, 0822-2552-3959. [][teks @yogirudiat/PR | foto @salihara]