}
Maha Karya Seni Pewayangan Rama dan Shinta dari Marlupi Dance Academy
News

Maha Karya Seni Pewayangan Rama dan Shinta dari Marlupi Dance Academy

by Intern 2
Tue, 31-Oct-2017

Setelah sukses dengan berbagai pertunjukan balet di berbagai kota, bahkan di kancah internasional, Marlupi Dance Academy [MDA] kembali menggelar sebuah pertunjukan Maha Karya Seni Perwayangan Rama dan Shinta, yang dituangkan ke dalam bentuk tari balet, di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, 28-29 Oktober 2017. Pertunjukan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas seni dan budaya di Tanah Air.

Balet Rama dan Sinta merupakan sebuah karya sendratari yang dikoreografikan melalui musik, mime, dan akting. Semua ini dikreasikan oleh Yuniki Salim dengan Fifi Sijangga sebagai artistic director. Dalam pertunjukan selama 60 menit tersebut, Fifi Sijangga membuat penampilan yang melibatkan Didi Budiarjo sebagai costume designer dan Rinaldy A Yunardi penyedia aksesorisnya, serta Felix Christianto sebagai music director. Michael Halim, penari balet pria pertama Indonesia dan peraih gelar 'Solo Seal' dari Royal Academy of Dance, London, menjadi pemeran Rama dalam pertunjukan ini. Selain itu, 250 murid MDA menjadi pendukung dalam gelaran ini. Fifi Sujangga mengatakan, selain menyediakan wadah bagi murid MDA untuk menampilkan skill yang dipelajari selama belajar, pertunjukan Rama dan Shinta ini bertujuan untuk mengajak generasi penerus agar lebih mengenal dan mencintai budaya Indonesia.

Marlupi Dance Academy merupakan akademisi tari yang didirikan Marlupi Sijangga, pada tahun 1956. Di usianya yang ke-80, Marlupi Sijangga dianugerahi penghargaan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Muhadjir Effendy sebagai Maestro Seni Tradisi kategori Pencipta, Pelopor, dan Pembaruan Seni Tari Balet di Indonesia, 28 September 2017. [][teks & foto @apra_manuela]