}
Jakcloth YES 2017, Akhir 9 Tahun Perjalanan JakCloth
News

Jakcloth YES 2017, Akhir 9 Tahun Perjalanan JakCloth

by Intern 2
Thu, 30-Nov-2017

Setelah berkeliling Indonesia sepanjang tahun 2017, "The Biggest Youth Clothing and Music Festival" di Indonesia, JakCloth akan menutup tahun 2017 dengan pagelaran besar nan meriah dengan tajuk "JakCloth Year End Sale 2017" [JakCloth YES 2017] .

Dalam  konferensi pers yang diadakan di Jakarta Design Center [JDC] Rabu [29/11] hadir CEO Lian Mipro, Ucok Nasution, Ricky Harun [pemilik brand Goodlife], dan Prisa serta Abinara pemilik brand Dreambirds. Menurut Ucok, JakCloth YES 2017 ini akan menjadi yang spesial buat para penggemar setianya. Pasalnya, pada tahun 2018 akan ada transformasi dari semua konsep yang sudah dijalankan sebelumnya.

“Tahun 2017 ini akan menjadi akhir dari panggung musik JakCloth karena 2018 nanti, semua konsep akan kita ubah, sehingga lebih memanjakan para tenant dan pengunjung,” kata Ucok.

Menurutnya, alasan musik ditiadakan karena kurang diminati pengunjung. Di event kemarin, pengunjung yang melihat clothing mencapai 360.000. Sedangkan, pengunjung yang hanya menonton musik, hanya berkisar 40.000 penonton. Ini yang menjadi pertimbangan Ucok dan rekan untuk meniadakan musik di JakCloth 2018 mendatang.

“Hal lain yang menjadi pertimbangan kami untuk meniadakan musik adalah, di beberapa event silam ada pengunjung clothing store yang pingsan ketika ingin membeli pakaian, karena terdesak orang yang menonton musik,” imbuh Ucok.

Ricky Harun pun ternyata sudah mengikuti JakCloth 6 kali. Ricky juga menuturkan bahwa ia hanya memproduksi barang jika ada event berlangsung saja.

“Menurut saya, event ini sangat bermanfaat. Pengaruhnya ke anak muda sangat besar. Intinya, jika mereka melihat clothing store anak muda sebanyak ini, mereka pasti ingin membuka brand baru lagi,” kata Ricky. Dia akan membawa 43 desain di JakCloth YES 2017 mendatang.

Prisa, mengatakan kunci sukses bisnisnya adalah membuat barang limited [terbatas], sehingga orang tertarik untuk mengoleksi.

“Membuat sesuatu yang berbeda di pasar, ditambah banyak yang menyukai, pasti bisa terjual,” kata Prisa. Untuk persiapan JakCloth YES 2017 ini, Prisa dan rekannya akan hadir dengan membawa 9 desain terbaik, dan jumlahnya lebih banyak dari event yang kemarin.

Ucok Nasution mengatakan konsep lainnya di 2018 adalah, ditiadakannya sistem ticketing, namun hanya registrasi. Kemudian, karena keluhan pengunjung sebelumnya yang mengeluh soal makanan,  tahun depan juga timnya akan mengadakan all you can eat di JakCloth, seperti event makan es krim sepuasnya di Aeon BSD beberapa waktu lalu. Jadi, setiap pengunjung hanya membayar sekali, tapi bisa makan sepuasnya di area JakCloth.

“Saya berharap dengan adanya event JakCloth kali ini, menjadi titik balik dari kasus perusahaan ritel yang sedang marak menutup tokonya.” tutup Ucok.

JakCloth Year End Sale 2017 akan berlangsung di Gambir Expo PRJ Kemayoran pada 6-10 Desember 2017. Bagi penggemar clothing dan musik, jangan lupa ke sini ya!! [][teks & foto @apra_manuela]