}
GAC Lahirkan Penggiat Seni Berkelas
News

GAC Lahirkan Penggiat Seni Berkelas

by Andiska
Thu, 14-Dec-2017

Bukan hanya  bakat, Go Ahead Challenge 2017 [GAC 2017] mencari bibit unggul berkelas di bidang musik dan visual art yang mampu menghasilkan karya orisinal yang unik dan menginspirasi. GAC Artwarding Night 2017 digelar untuk mengapresiasi karya 12 finalis yang sejauh ini bertanding mendapatkan 2 jawara untuk musik dan visual art.

Serangkaian acara yang bukan hanya menampilkan karya para finalis ini disambut banyak pengunjung. Tiket masuk tidak dipatok harga, para penikmat seni cukup membawa diri dan mengikuti peraturan yang ada.

Ada panggung hiburan yang diisii musikus-musikus indi tanah air, di antaranya Sisitipsi, The Adams, dan Stars and Rabbit. Sebelum menuju panggung hiburan, pengunjung bisa 'menelanjangi' karya para finalis GAC dengan mewawancarai mereka, yang masing-masing berdiri di sebelah karyanya. Setelah puas, barulah pengunjung digiring menuju panggung musik yang dikelilingi booth kuliner sembari menunggu acara puncak pengumuman pemenang GAC 2017.

Finalis bersaing dengan melalui proses kurasi yang sangat selektif agar bisa memenuhi kualitas seni kreatif  yang dapat dieksplorasi secara lebih luas dan berani. Adapun tantangan yang diberikan kurator untuk finalis dengan karya musika adalah pembuatan kolase dan musik video. Para finalis hanya dapat jatah waktu 2 minggu sampai akhirnya mereka berhasil menyuguhkan karya luar biasa untuk dinikmati pengunjung di ruang pameran.

Yang unik, salah satu finalis bernama Gilang Anom Manapu Manik menampilkan live painting dengan kostum dan penutup kepala khas buatannya sendiri sebagai performing art.

"Penampilan Gilang termasuk hal baru yang sangat berbeda dari yang lainnya, saya sangat mengapresiasi dan berharap ia bisa berkembang dengan karya-karyanya," ucap Saleh 'Ale' Husein sebagai konseptor A Space saat press conference sebelum pemenang GAC 2017 diumumkan.

Seusai aksi panggung Sisitipsi, para jawara GAC diumumkan dan disambut meriah oleh pengunjung dan ke-12 finalis. Berikut nama-nama yang berhasil menyabet gelar jawara Go Ahead Challenge 2017:

1. Gilang Anom Manapu Manik dari bidang visual art asal Bandung dengan karya bertajuk Sunscript 0.3

2. Vania Marisca Wibisono dari bidang musik asal Malang dengan karya bertajuk "Metanoia"

3. Yahya Dwi Kurniawan bidang visual art asal Yogyakarta dengan karya bertajuk Local Pride

4. Riri Ferdiansyah bidang musik asal Jambi dengan karya bertajuk "Gersang"


Setelah berjejaring dengan para finalis yang berasal dari beragam daerah di tanah air, para jawara mendapat kesempatan untuk terbang ke Amerika dan memamerkan karyanya di sana selama beberapa minggu.

Dengan adanya acara ini, Saleh 'Ale' Husein dan para kurator berharap karya-karya anak bangsa ini bisa harum walaupun bukan di tanahnya sendiri, dan bisa terus berkembang, belajar, berjejaring dan pastinya memotivasi penggiat seni tanah air lainnya. [][teks @andiskaraf | foto PR