}
Fare Adjustment Tiket KRL Berlaku Mulai 8 Januari 2018
News

Fare Adjustment Tiket KRL Berlaku Mulai 8 Januari 2018

by Irani
Tue, 09-Jan-2018

Commuters yang setiap hari naik KRL, pasti udah terbiasa dengan aturan yang berlaku. Misalnya tarif minimal di KMT, kena penalti kalau turun di stasiun yang lebih jauh dari yang seharusnya, dsb. Nah, kali ini ada aturan baru yang berlaku nih, Commuters. 

Mulai Senin, 8 Januari 2018, PT Kereta Commuter Indonesia [KCI] memberlakukan Fare Adjustment atau penyelarasan tarif. Ini berlaku untuk semua pengguna Tiket Harian Berjaminan [THB] dan Kartu Multi Trip [KMT]. Apa aja aturan barunya?

#Pengguna THB:

Sebelum: Pengguna THB yang turun di stasiun selain tujuannya atau di stasiun yang lebih jauh, terkena penalti [denda] dengan membayar Rp 10.000 dari jaminan kartu.

Sekarang: Hanya membayar selisih antara tarif yang dibayarkan di awal dengan tarif seharusnya.

Misal, pengguna THB naik dari Bogor dan bayar tiket ke Manggarai. Tapi kemudian turun di Juanda. Maka, pengguna hanya perlu membayar selisih tarifnya.

Bagaimana caranya? Pengguna bisa membayar di Vending Machine Fare Adjustment [mesin penyelaras tarif] ataupun di loket dua arah. Bisa juga bertanya kepada petugas agar dibantu proses pembayarannya.

Catatan: Kalau mau bayar selisih tarif THB, siapin uang pas ya, Commuters.

#Pengguna KMT

1. Sebelum: Pengguna KMT dikenakan penalti Rp 13.000 jika tidak terdata di gate in dan gate out.

Sekarang: Cukup melakukan penyesuaian tarif.

Bagaimana caranya? Prosesnya dibantu oleh petugas staf stasiun.

2. Sebelum: Saldo minimal di KMT sebesar Rp 13.000

Sekarang: Saldo minimal di KMT menjadi Rp 5.000.

Bagaimana caranya? Kalau pengguna KMT yang kurang saldo atau perjalanannya melebihi tarif minimum Rp 5.000, dapat melakukan top up di Vending Machine Fare Adjustment ataupun di loket dua arah.

Gimana, udah jelas aturan barunya ya? Tapi kalau Commuters ada pertanyaan lain, bisa ditanyakan ke petugas stasiun atau cek akun social media KRL Commuterline ya. [][teks @cha2nisya/news.detik.com, kumparan.com | foto LINIKINI, kaorinusantara.or.id]