}
Beside Selalu Gagal Bubar
News

Beside Selalu Gagal Bubar

by Pohan
Tue, 26-May-2015

Band metal asal Bandung, Beside kembali meluncurkan single anyar berjudul “Under Hollow”. Setelah dibawakan live dalam program Extreme Moshpit di Oz Radio Bandung, lagu dibagikan secara gratis via akun resmi band di Reverbnation www.reverbnation.com/besidemetal pada Kamis [21/05].

Tak jarang, band memutuskan bubar ketika isinya nyaris berantakan. Namun, Beside membuktikan rasa cintanya terhadap musik selama 18 tahun meskipun harus terbiasa dengan pergantian personel. Kini mereka pun mantap dengan formasi terbarunya: Qq Bokir [gitar], Izal [bass], Roy [gitar], Agrog [vokal], dan satu-satunya personel asli band, Bebby [drum].

Berikut wawancara Reporter @pohanpow dengan Beside pada Minggu [24/05] melalui WhatsApp:

Sejak kapan Beside hadir dengan formasi anyar?
Bebby: Sejak 2013

Apa rencana Beside berikutnya setelah meluncurkan "Under Hollow"?
Bebby: Step pertama memperkenalkan materi Beside dulu yang baru sekaligus memperkenalkan single yang akan di-release pada full album Beside yang kedua. Dan juga agar orang-orang lebih mendengarkan dulu, inilah materi baru Beside yang baru.

Sejauh mana proses penggarapan album baru Beside?
Bebby: Album udah beres. Tinggal penduplikatan. Semua proses rekamannya udah beres.

Kapan target perilisan album barunya?
Bebby: Sekitar bulan Agustus tahun 2015 ini rilisnya.

Beside sering berganti formasi. Apakah ini berpengaruh terhadap musik Beside itu sendiri?
Bebby: Iya, sering sekali dan banyak juga pengaruhnya pada proses pengerjaan materi.

Apa contoh yang paling berpengaruh?
Bebby: Keterlambatan pengerjaan album. Itu berpengaruh sekali. Penggarapan album kedua ini, kita masuk recording akhir Januari 2015.

Berarti materi album udah ada sejak kapan?

Qq Bokir: Materi album ini udah ada sejak akhir 2012.

Sudah ada judul album atau bisa dibocorin isinya ada berapa lagu dan bakal dirilis dalam format apa saja?
Bebby: Judul albumnya Eleven Heroes. Semuanya ada 10 materi lagu, 9 lagu full, 1 lagi instrumen gitar. Kita nanti rilis dalam bentuk CD, kaset, vinyl, dan box set. Ya, kita mencoba memenuhi keinginan pasar bentuk fisik apapun.

Kalau lihat Instagram album pertama Beside, Against Ourselves masih jadi incaran.
Bebby
: Album kita sebelumnya memang banyak yang ingin kita mengkopi ulang, tapi kita memikirkan dulu, dan kemungkinan rilis ulangnya berbentuk vinyl.

Kalau iTunes?
Bebby: Rencananya kita juga merilis dalam bentuk digital dan iTunes juga.

Tahun ini Beside sudah memasuki usia yang ke-18 tahun betul?
Bebby: Iya, ke-18 tahun.

Pernah nggak nyaris bubar gitu?
Bebby: Hahaaaaaa, sering juga mengarah ke sana, tapi saya dan teman selalu ada motivasi dan spirit, juga support dari teman-teman terdekat.

Qq Bokir: Gagal terus bubarnya. Selalu bisa move on.

Cinta sama musik?
Bebby: Cinta sekali, hehehee.

Roy: Cinta banget.

Qq Bokir: Nyaah pisan.

Izal: Jelass. Cinta beudd.

Tanpa alasan itu mungkin akan terbakar ego juga yah. Oh iya menetapkan vokalis baru dari audisi kah?
Bebby: Hahah, betul. Agrog dari hasil audisi yang kita lakukan.

Dari berapa kandidat?
Bebby: Dari banyak yang mengirimkan CD hasil rekamannya. Lalu kita seleksi dari hasil CD recording tersebut, dan kita bawa ke studio untuk melakukan jamming dengan lagu-lagu yang telah kita tentukan.

Qq Bokir: Banyak yang mengirimkan CD. Tapi hanya beberapa orang saja yang kita ajak jamming di studio termasuk Agrog.

Agrog, bagaimana rasanya setelah resmi bergabung dengan Beside?
Beside adalah salah satu band besar khususnya di kota Bandung. Kalo ada gigs ato festival musik di Bandung, salah satu band yang saya nantikan adalah Beside, dan sekarang saya menjadi bagian dari band ini. Suatu kebanggaan bagi saya dan banyak sekali pengalaman berharga yang saya dapatkan dari band ini.

Ada kendala saat beradaptasi?
Ya, meskipun persiapan sudah dilakukan, yang namanya kendala selalu tiba-tiba muncul gitu. Awal-awal bergabung sih belum begitu terasa. Beberapa bulan kemudian dengan jadwal panggung yang lumayan padat, sampe seminggu nggak pulang. Waaahh pabeulit dengan pekerjaan, waktu, kekasih. Tapi karena kecintaan saya terhadap bermusik lebih besar, jadi bagi saya bermain band itu adalah nomer satu. Nomer duanya hanya Izal yang tau [canda Agrog].

Pertanyaan terakhir nih buat Beside. Apa mimpi Beside yang belum tercapai [misalnya manggung di festival luar] dan bagaimana usaha untuk meraihnya?
Qq Bokir: Itu salah satunya!! Tapi saya dan teman-teman yakin, suatu saat Beside bakal manggung di festival internasional. Kita yakin karena saat ini Beside sedang dalam masa solid antara satu dengan yang lainnya. Saya pribadi pun sangat tidak bosan untuk terus bersama mereka. Selain itu kita bakal terus berkarya apapun bentuknya. Terkadang menyebalkan saat bersama mereka [Beside] tapi saya selalu rindu gila-gilaan dan berkarya bersama mereka. Kurang dan lebihnya karena kita sudah merasa keluarga sendiri. [][foto courtesy of Beside]