}
Nusantara Ekraft Expo 2018
News

Nusantara Ekraft Expo 2018

by Yogira
Tue, 27-Feb-2018

Perkenomian industri kreatif kian berkembang. Usaha kecil dan menengah pun semakin getol memasarkan produknya dengan berbagai cara. Salah satunya melalui pameran, misalnya pada Nusantara Ekraft Expo, di Trans Studio Mall Bandung, [22-25/2].

Meskipun berskala kecil, pameran industri kreatif ini menarik hati wisatawan, yang kebetulan sedang jalan-jalan di Bandung. Ada puluhan stand yang berpartisipasi pada acara ini. Mereka mewakili sejumlah UKM dari berbagai daerah, seperti Madura, Batu Malang, Batang, Cianjur, dan Pesisir Selatan Sumatra Barat.

Ada beberapa produk kreatif yang jadi unggulan masing-masing. Namun rata-rata produk yang dipamerkan adalah batik, jaket kulit, sepatu, dan tas, yang semuanya dibuat dengan memanfaatkan sumber daya alam daerah. Ada pula yang memerkan produk madu, minuman herbal pala, juga kudapan khas daerah.

“Bandung termasuk kota kreatif yang banyak dikunjungi wisatawan. Jadi melalui pameran ini, produk-produk kreatif dari UKM berbagai daerah di Indonesia bisa di pasarkan di sini. Kita kaya akan produk kreatif yang bisa mendunia. UKM kuat, negara pun berdaulat,” kata Priana Wirasaputra, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan [Dinas KUKM Perindag] Kota Bandung, pada sesi pembukaan acara.

Dengan mengusung tema "Lestari Budayaku, Mendunia Kreasiku", pameran ini pun menyajikan acara hiburan seni dan musik, yang memandukan unsur seni tradisional dan modern. Para penampilnya antara lain: Discoethnic, Pertapan, Big Cola Bala Bala, Sun, Biramanata, Lakonan, PMJDM, dan Ethnoprogressive. [][teks & foto @yogirudiat]