}
Tips Menghindari Kejahatan Skimming
News

Tips Menghindari Kejahatan Skimming

by Intern 2
Wed, 21-Mar-2018

Kasus skimming baru-baru ini sedang ramai dibicarakan. Apalagi setelah kasus yang menimpa sejumlah nasabah bank atas kejahatan ini. Skimming adalah kejahatan yang umumnya dilakukan di Automated Teller Machine [ATM], bukan dengan cara membobolnya, tetapi dengan memasang sebuah perangkat.

Mekanismenya adalah dengan meng-copy data yang ada di dalam kartu ATM, dengan alat yang dipasang pada tempat memasukkan kartu ATM. Lalu mendapatkan PIN yang cocok, dengan dibantu kamera pengintai yang diletakkan di tempat yang kadang tak kita duga, dan juga biasanya menggunakan papan tombol palsu yang langsung menyimpan PIN Anda.

Dengan kejahatan yang semakin berkembang ini, kita harus berhati-hati dalam menggunakan ATM. Nah sebenarnya ada beberapa cara yang bisa menghindari kejahatan skimming ini caranya adalah sebagai berikut:

1. Amati mesin ATM-nya


Sebelum menggunakan mesin ATM sebaiknya kita mengamati terlebih dahulu, seperti tempat memasukkan ATM, tempat keluarnya uang dan bagian bagian pojok pojok mesin ATM. Dan sebaiknya jika menemukan kejanggalan, lebih baik tidak menggunakan mesin ATM tersebut.

2. Pilihlah lokasi mesin ATM yang aman


Sebaiknya kita memilih tempat mesin ATM yang ramai seperti di depan bank yang pastinya memiliki pengamanan seperti satpam. Atau cari mesin ATM yang di sekitarnya dilengkapi CCTV resmi dari bank terkait. Jangan coba-coba ke mesin ATM yang sepi dan tidak di lengkapi CCTV.

3. Saat meng-input PIN harus hati hati