}
Trenggalek Siap Layani Aduan Warga Melalui Qlue
News

Trenggalek Siap Layani Aduan Warga Melalui Qlue

by Intern
Mon, 16-Apr-2018

Kabupaten Trenggalek resmi meluncurkan program “Trenggalek Kabupaten Cerdas” yang diresmikan langsung PLT Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin. Program ini merupakan kerja sama dengan Qlue, penyedia jasa platform Smart City dan aplikasi pelaporan di berbagai kota Indonesia. Dengan adanya program ini, Kabupaten Trenggalek siap menerima laporan dan keluhan warga serta menggunakan teknologi informasi dalam proses pengambilan keputusan.

Program Trenggalek Kabupaten Cerdas ini merupakan bukti komitmen dari Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Diinisiasi langsung oleh PLT Bupati dengan harapan dapat mendorong kualitas pelayanan dan juga ikut berpartisipasi dalam membangun Trenggalek.

Implementasi konsep Kota Cerdas ini merupakan sebuah jawaban atas tantangan yang ada di Kabupaten Trenggalek. Menurut PLT Bupati Trenggalek, luas wilayah dan jumlah penduduk menjadi dua tantangan utama dalam melaksanakan pelayanan publik. “Jika hanya mengandalkan sumber daya manusia pelayanan tidak akan maksimal, maka seharusnya teknologi informasi dapat menyempurnakan kekurangan tersebut,” jelas Mochamad Nur Arifin, PLT Bupati Trenggalek

Kerjasama Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan Qlue menjadi puncak dari beberapa program yang sebelumnya telah dijalankan. Sebelumnya, masyarakat Trenggalek dapat melakukan pengaduan melalui Pelayanan Pengaduan Online Rakyat atau LAPOR. Selain itu juga dapat berbai informasi mengenai masyarakat yang kurang mampu melalui Sedekah Informasi dalam program Tengok Ke Bawah. Namun, kedua program tersebut masih berdiri sendiri. Hal inilah yang kemudian mendorong untuk bekerjasama dengan Qlue.

“Ayo masyarakat Trenggalek, berani berubah! Sedekahkan informasimu melalui Qlue!” ujar PLT Bupati termuda di Indonesia ini.

Aplikasi pelaporan Qlue ini dapat diunduh di PlayStore. Untuk melakukan pelaporan, pelapor cukup memberikan foto bukti kerusakan atau ketidaknyamanan dengan mengunggah dan memberi label beserta keterangan yang sesuai.

Untuk para Commuters yang memiliki kerabat di Trenggalek, yuk segera gunakan aplikasi ini. Semoga bermanfaat yaa. [][teks @syahrima | foto PR]