}
Indonesia Hadirkan Terminal Bandara Terapung Pertama
News

Indonesia Hadirkan Terminal Bandara Terapung Pertama

by Intern
Thu, 26-Apr-2018

PT Angkasa Pura I memastikan terminal baru di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, siap dioperasikan pada Mei 2018. Terminal baru ini merupakan terminal terapung pertama di Indonesia dan mengusung konsep eco-green airport.

Terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang merupakan salah satu proyek strategis nasional. Infrastruktur ini diperluas karena kapasitas terminal lama menampung 800.000 penumpang per tahun, tetapi dalam faktanya justru berlebih hingga 4,4 juta penumpang.

Karena itu, PT Angkasa Pura I merancang terminal baru ini dengan luas sembilan kali lipat hingga ditargetkan mampu menampung hingga 6 juta-7 juta penumpang per tahun.

Topping off ini merupakan komitmen kami kepada penguna jasa bandara serta masyarakat Jawa Tengah umumnya serta Semarang dan sekitarnya pada khususnya untuk meningkatkan layanan kebandarudaraan dengan mengutamakan kenyamanan tanpa mengenyampingkan aspek keselamatan dan keamanan. Topping off ini juga merupakan bentuk kontribusi kami terhadap pengembangan perekonomian daerah, khususnya Semarang dan sekitarnya,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I [Persero], Faik Fahmi.

Terminal Bandara Ahmad Yani ini juga disebut sebagai floating airport, karena dibangun di atas lahan lunak dan sebagian besar berair dengan menggunakan tiang pancang dan metode Prefabricated Vertical Drain [PVD]. PVD merupakan sistem drainase buatan yang dipasang di dalam lapisan tanah lunak.

Menteri Pariwisata [Menpar] Arief Yahya mengapresiasi upaya mengembangkan Bandara Ahmad Yani Semarang. Konsepnya dinilai sangat kreatif karena bandaranya dikembangkan bukan hanya sebagai sarana aksesibilitas, tapi juga estetika pendongkrak atraksi wisata.

"Bandara Ahmad Yani di Semarang itu bisa menjadi ikon wisata, bukan semata-mata infrastruktur transportasi. Ini memberikan harapan baru bagi pariwisata Indonesia yang oleh Presiden Joko Widodo sudah ditetapkan sebagai core economy bangsa," jelas Arief Yahya.

Commuters, sekarang nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri ya, sekarang di Indonesia telah ada bandara terapung yang bisa menjadi tujuan kalian jika berlibur ke Semarang. Makin bangga deh jadi warga Indonesia. [][teks @syahrima | foto berbagai sumber]