}
Bahas Pendidikan di Ngopi Pagi
News

Bahas Pendidikan di Ngopi Pagi

by Andiska
Mon, 30-Apr-2018

Masalah pendidikan yang terekspos di negara kita hanya seputar kejadian insidental seperti saat terjadi kekerasan pada anak, server UNBK rusak atau gedung sekolah yang roboh. Padahal, masih banyak daerah penjuru Nusantara yang penuh keterbatasan untuk pelaksanaan pendidikan.

#SemuaMuridSemuaGuru [SMSG] adalah salah satu jaringan berupa wadah alternatif untuk menyatukan keterlibatan seluruh pelaku pendidikan. Mengangkat tiga persoalan utama pembangunan pendidikan yaitu akses, kualitas, dan pemerataan. Tahun ini, SMSG berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk membuat program pendidikan.

Ada 48.000 sekolah di Indonesia belum memiliki akses Internet sehingga penyebaran informasi tentang keragaman profesi belum merata. Melalui #KirimBudi, SMSG, dan Kitabisa.com mengajak publik untuk ikut mengirimkan "Flashdisk Budi" yang berisi ratusan video profesi ke anak-anak di pelosok daerah Indonesia.

Selain video profesi, anak-anak juga akan mendapatkan video belajar dari para konten kreator Inibudi.org, Kok Bisa, Ayo Mikir, Hujan Tanda Tanya, Koharo TV, dan Krowd.

“Harapannya program kami bisa terwujud secara efektif. Mengubah paradigma pendidikan lebih dari sekadar kegiatan bersekolah. Pendidikan merupakan sebuah proses kolaboratif antara anak, orang tua, pendidik dan lingkungan sosialnya,” tegas Najelaa Shihab, inisiator Jaringan SMSG.

SMSG menargetkan pengumpulan dan pengiriman 5.000 flashdisk, satu flashdisk membutuhkan biaya Rp 100.000 [sudah termasuk biaya pengiriman ke daerah]. Untuk itu, publik diharapkan bisa mendukung dengan berdonasi melalui #KirimBudi.

Selain itu, SMSG juga menggaet Andien Aisyah, Endah N Rhesa, Glenn Fredly, Tompi, Tulus, Vidi Aldiano, dan Indra Azis. Para musisi ini menciptakan sebuah lagu berjudul "Lagu Semua Murid Semua Guru".

Pembuatan lagu kebangsaan SMSG sangat singkat, hanya beberapa jam untuk merampungkan lirik dan melodinya serta proses rekaman selama 2 hari. Videoklip lagu ini juga telah rampung dan rencanannya akan di-launching bersamaan dengan Pesta Pendidikan, 2 Mei mendatang yang berlokasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta.  

Untuk Commuters yang suka foto-foto, SMSG juga punya program Lomba Foto Semua Murid Semua Guru dengan 4 tema berbeda yang berhadiah utama berupa paket wisata edukasi ke Ujung Kulon dan Banda Maluku untuk masing-masing satu orang. Wah menarik banget ya Commuters.. Keterangan lebih lanjut bisa kepoin di @semuamuridsemuaguru yaaa. []teks @andiskaraf/PR | foto @aldibudis27]