}
Kapal Rainbow Warrior Greenpeace Berlabuh di Jakarta
News

Kapal Rainbow Warrior Greenpeace Berlabuh di Jakarta

by Intern 2
Wed, 02-May-2018

Organisasi pencinta lingkungan, Greenpeace menyambangi Jakarta. Mereka membawa kapalnya, yang syarat akan sejarah. Rainbow Warrior, begitu mereka menamakan kapal yang amat sangat ramah lingkungan ini. Rainbow Warrior hadir di Indonesia karena  ingin menyebarkan isu-isu penyelamatan lingkungan sebagai misi utama organisasi ini.

Secara historis, kapal Rainbow Warriow adalah generasi ke-3 milik Greenpeace. Generasi pertama kapal ini mengalami kisah yang tragis. Pada 1985, ada agen rahasia Prancis yang sengaja menanam dua bom di kapal tersebut. Akibatnya, Rainbow Warrior tenggelam.

Usai tragedi itu, kapal kedua dibuat dan bisa terus berlayar hingga 22 tahun lamanya. Karena merasa sudah terlalu lama dan tua, kapal generasi kedua ini diistirahatkan pada 2011 dan digantikan dengan Rainbow Warrior generasi ketiga yang bertahan hingga kini. Walau kapal ini tidak seapik kapal layar lainnya, toh Rainbow Warriow memiliki daya tarik sendiri untuk diperhatikan lebih spesifik. Kapal ini sangat dikenal sebagai kapal yang ramah lingkungan.

Kapal ini mempunyai penggerak utama angin dan layar. Tetapi jika cuaca sedang tidak mendukung, mereka juga menggunakan mesin. Uniknya, mesinnya ada yang menggunakan bahan bakar konvensional dan listrik lewat panel surya. Karena mempunyai misi ramah lingkungan, kapal ini mengutamakan efisiensi bahan bakar dari listrik. 


Kapal ini juga sangat memperhatikan pengolahan dan pemilahan sampah yang dihasilkan para awak kapal, seperti pemilahan sampah organik yang mereka bekukan di ruangan khusus, yang selanjutnya bisa digunakan untuk pakan ikan di laut. Lalu sampah nonorganik pun tetap akan dipilah juga sesuai materialnya. Plastik, kaca, dan bahan-bahan lainnya dipisahkan dan disortir di tempat pembuangan sampah yang sesuai dengan materialnya.