}
Perpanjang SIM Online? Perhatikan Langkah Berikut..
News

Perpanjang SIM Online? Perhatikan Langkah Berikut..

by Intern 2
Tue, 08-May-2018

Commuters pasti sudah tau dong dengan sistem perpanjangan SIM dengan metode online? Bagi yang belum tau, sistem perpanjangan SIM online ini dilakukan SATPAS [Satuan Penyelenggara Administrasi SIM] yang menggunakan metode online, dan data yang tersimpan di satu SATPAS otomatis akan terkoneksi ke 200 SATPAS yang tersebar di Indonesia.

Nah bagaimana sih caranya untuk melakukan perpanjang SIM dengan metode online ini? Berikut ini adalah langkah-langkahnya..

1. Mendaftarkan diri

Untuk yang pertama ini sangat identik dengan sistem onlinenya. Karena untuk mendaftarkan diri kita harus mengunjungi situs Korlantas Polri. Pada laman tersebut kita akan diarahkan untuk registrasi terlebih dahulu, dengan memilih menu Pendaftaran SIM Online dan ikuti instruksi selanjutnya. Jangan lupa buat pilih lokasi Kedatangan yang akan kita kunjungi nanti untuk mengambil SIM-nya.

2. Bayar perpanjang SIM secara Online

Untuk pembayarannya juga nggak ribet. Karena, untuk membayar, kita hanya perlu bayarkan tagihan perpanjang SIM melalui ATM atau teller bank BRI seluruh Indonesia. Jadi nggak usah repot untuk datang ke kantor SATPAS [Satuan Penyelenggara Administrasi SIM].

3. Periksa kesehatan

Untuk perpanjang SIM, memang sangat dibutuhkan untuk periksa kesehatan terlebih dahulu, guna untuk melampirkan saat pemberian berkas di Kantor SATPAS. Biasanya yang diminta surat keterangan kesehatan mata.

4. Datang ke kantor Satpas

Lalu kita juga tetap harus datang ke kantor SATPAS, gerai, ataupun SIM Keliling. Lokasinya sudah ada di web resminya. Di sana kita harus membawa persyaratan dokumen yang diminta, termasuk Bukti Registrasi SIM Online Polri.

Data-data yang kita bawa akan diverifikasi terlebih dahulu oleh pihak Kepolisian. Setelah semuanya selesai, tinggal tunggu deh SIM-nya.

5. Ambil SIMnya

Yang terakhir saat sudah melakukan sesi foto dan pengambilan sidik jari, kita akan segera di panggil untuk pengambilan SIM.

Persyaratan yang harus kita penuhi dalam perpanjangan SIM online sama dengan perpanjang SIM secara offline. Persyaratan yang mesti disiapkan, antara lain:

» KTP asli yang masih berlaku

» SIM lama

» Surat keterangan lulus uji keterampilan simulator

» Surat kesehatan mata

» Isi formulir perpanjang SIM

Dan untuk biaya perpanjangan SIM, antara lain:

» SIM A buat mobil dikenakan biaya sekitar Rp 80 ribu.

» SIM C buat motor dikenakan biaya sekitar Rp 75 ribu.

» Biaya asuransi kecelakaan sekitar Rp 30 ribu.

Mudah kan perpanjang SIM online? Memang masih harus datang ke kantor SATPAS, gerai, atau SIM Keliling, namun, seenggaknya, kita udah menghemat waktu buat proses pendaftaran. Yuk segera perpanjang SIM jika sudah hampir habis masa berlakunya. [][teks @ga_angga | foto berbagai sumber]