}
Segera Terbit Peraturan Pemerintah Tentang Sampah Spesifik
News

Segera Terbit Peraturan Pemerintah Tentang Sampah Spesifik

by Intern
Wed, 11-Jul-2018

Peraturan pemerintah yang mengatur tentang sampah spesifik akan segera terbit. Sampah spesifik ini meliputi e-waste [sampah elektornik], sampah bencana alam, dan sampah bongkahan rumah. Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Menteri Bidang Kebijakan Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan [KLHK] Tuti Hendrawati.

“Sudah masuk di Kemenkumham. Kita harapkan itu segera terbit, kemudian disusun peraturan menterinya supaya lebih detail,” jelas Tuti ketika ditemui pada acara peluncuran buku Sampah Baterai milik Rafa Jafar, [4/7].

Tuti menilai masyarakat Indonesia masih banyak yang belum memahami tentang sampah elektronik. Menurut Tuti, banyak masyarakat yang masih mencampur sampah ketika membuangnya.

“Memang masyarakat itu belom memahami banget yang dimaksud e-waste tuh yang mana. Jadi memang masih dicampur dengan sampah lainnya,” ungkap Tuti.

Dalam Pasal 22 [1a] UU No. 18 Tahun 2008 yang mengatur tentang pengelolaan sampah, telah dijelaskan bahwa pemilahan dalam bentuk pengelompokkan dan pemisahan sampah sesuai dengan jenis, jumlah, atau sifat sampah.

“Sampah organik, non organik, kertas, limbah B3 [Bahan Berbahaya dan Beracun], itu masih tercampur. Ini yang terus digaungkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” kata Tuti.

Selama ini, KLHK sudah gencar mensosialisasikan tentang cara membuang sampah sesuai dengan jenisnya melalui pemerintah daerah. Namun Tuti mengakui sosialisasi yang dilakukan dirasa masih kurang. 

“Jadi memang sosialisasi sampah-sampah rumah tangga yang mengandung limbah B3 ini harus lebih gencar ya,” tuturnya.

Tuti berharap dengan diresmikannya peraturan pemerintah tentang sampah elektronik, sosialisasi yang dilakukan akan lebih mudah.

“Ke depannya, begitu peraturan terbit, sosialisasi jadi lebih gampang apabila sudah ada dasar hukumnya,” harap Tuti. [][teks & foto @amuspitasari]