}
Gerhana Bulan Terlama 28 Juli 2018
News

Gerhana Bulan Terlama 28 Juli 2018

by Intern
Wed, 25-Jul-2018

Commuters, di hari Jumat [27/7] mendatang, akan berlangsung gerhana bulan total dengan durasi waktu paling lama di abad ini, lho. Gerhana bulan ini akan berlangsung sekitar satu jam 43 menit.

Durasi tersebut belum termasuk gerhana bulan sebagian yang akan memakan waktu selama 4 jam melintasi bayangan bumi. Menurut CNN Internasional, Australia, Selandia Baru, Eropa, Afrika, dan Asia, termasuk Indonesia merupakan tempat paling baik untuk melihat gerhana bulan ini.

Bagi yang berada di wilayah Timur Tengah dan Madagaskar, gerhana dapat dilihat pada malam hari. Sementara di wilayah Asia, Indonesia, dan Australia dapat menikamati gerhana bulan di antara malam dan Sabtu pagi. Namun, wilayah seperti Amerika Utara, Samudera Pasifik dan Kutub Utara tidak dapat menyaksikan gerhana bulan hingga Januari mendatang.

Gerhana bulan total yang akan terjadi pada Juli ini dikenal dengan sebagai Full Buck Moon dan Thunder Moon. Selain itu, gerhana ini juga disebut sebagai ‘bulan kecil’ karena jaraknya yang sangat jauh dari bumi dan terlihat kecil. Hal itulah yang menyebabkan gerhana berlangsung lebih lama.

Tak seperti gerhana matahari yang harus menggunakan alat-alat optik, gerhana bulan dapat disaksikan dengan mata telanjang.

Gerhana bulan terjadi ketika bulan berada selaras dengan matahari dan bumi. Bulan akan tertutup bayangan bumi dan terlihat merah seperti darah. Gerhana bulan ini bukanlah yang pertama di tahun 2018. Sebelumnya, gerhana bulan total juga pernah terjadi pada 31 Januari 2018 lalu. Well, jangan lupa catat tanggal ya Commuters! [][teks @amuspitasari | foto theguiltycode.com & youtube.com/KennethBrandon]