}
Ras Muhamad Merilis CD Album Salam
News

Ras Muhamad Merilis CD Album Salam

by Pohan
Thu, 11-Jun-2015

Setelah diedarkan format digitalnya secara internasional oleh label Jerman, Oneness Records, penyanyi Ras Muhamad akhirnya merilis album Salam dalam format CD pada 25 Juli 2014. Kini ia bekerjasama dengan perusahaan rekaman Indonesia, Demajors untuk mendistribusikan albumnya itu.

Pesta perilisan album Salam digelar berbarengan dengan pemutaran perdana film dokumenter Journey to JA, di 365 Eco Bar, Jakarta, Selasa [9/6]. Film tersebut  menampilkan catatan perjalanan Ras Muhamad di Kingston, Jamaica pada Maret 2015, termasuk kunjungannya ke Bob Marley Museum.

Tamu yang hadir di 365 Eco Bar cukup beruntung. Pasalnya, mereka tidak hanya bisa menyaksikan film dokumenter, tetapi  juga video musik “Farmerman [feat. Naptali]" yang ditayangkan sebelum tanggal rilis. Pembuatan video "Farmerman"  digarap saat Ras Muhamad  di Jamaica.

Reporter @pohanpow menemui Ras sebelum ia tampil bersama Easy Skankin, mengisi pesta perilisan albumnya kemarin. Ia menceritakan soal promo album Salam, "Targetnya emang masih target internasional. Dengan album Salam ini pengin juga lebih banyak di Indonesia."

Bahkan dalam waktu dekat, Ras berencana melaksanakan tur ke Amerika Serikat dan Costa Rica. Tahun ini ia hanya ingin fokus menggarap video musik dan dokumenter saja.

"Album yang Salam ini untuk investasi sekitar 2-3 tahun ke depan. Saya masih ada beberapa single, contohnya lagu sama Uwe Kaa ‘Barriers & Borders' atau nggak ‘Leluhur'.”

Tidak terasa karier bermusik penyanyi reggae asal Jakarta ini sudah menginjak usia ke-13. Ia memilih jalur karier sendiri tanpa dukungan major label dengan menghasilkan empat album penuh. Namun, ternyata ia merasa belum menjadi musisi reggae seutuhnya tanpa vinyl.

“Ingin sekali mengeluarkan vinyl. Sepertinya dengan mengeluarkan 4 album ini, gue belum pernah ngeluarin album sebenarnya sebagai seorang musisi reggae ya. Karena kalau mengeluarkan sebuah album untuk reggae itu harus ada vinylnya. Bukan ada peraturannya ya, tapi menurut gue, belum benar-benar lazim album nih 90% persen kalau belum ngeluarin vinyl. Vinyl kan suaranya beda,” kata Ras.

"Mungkin oke juga kalau album pertama yang Reggae Ambassador dijadiin vinyl. Mungkin kaset dan vinyl, mungkin mendekati untuk 10 tahunnya Reggae Ambassador [Januari 2017] nanti,” tambahnya. [][foto @pohanpow]