}
Zealspeaks: Single Anyar & Album Perdana
News

Zealspeaks: Single Anyar & Album Perdana

by Pohan
Tue, 23-Jun-2015

Setelah mengeluarkan "Split Mind" tahun lalu, Zealspeaks akan kembali merilis single terbaru dengan lirik berbahasa Indonesia pada Agustus 2015 mendatang. Mereka juga tengah mempersiapkan debut albumnya.

Band asal Bandung ini solid beranggotakan Danny Maretta [vokal, gitar], Toba Manurung [gitar, vokal], dan Dimas Arditya [drum]. Untuk penggarapan album, mereka dibantu Gilang Mohammad pada bass.

"Setelah perdebatan cukup panjang, kita sepakat orang Indonesia akan lebih bisa paham musiknya kalau bahasanya bahasa Indonesia," kata Toba kepada LINIKINI soal single baru mereka yang ditulis dalam bahasa Indonesia.

Mungkin terdengar klise, namun lagu-lagu yang kebanyakan ditulis dalam bahasa Inggris tetap menjadi prioritas untuk debut albumnya nanti.

Sebelumnya, Zealspeaks pernah bagi gratis demo The First Solitude di reverbnation.com/zealspeaks.

"Yang pasti lagu dari demo ada yang masuk juga untuk album, dan mostly bahasa Inggris," ujar Toba.

Toba mengatakan, semua lagu dibikin Danny Marretta, sang vokalis. Menurutnya, Maretta seperti John Lennon dalam The Beatles. Meski begitu, Zealspeaks tumbuh sambil mendengar banyak  aliran musik seperti grunge, blues, post rock, dll. 

Di album yang lagi, kami godok sekarang akan ada blues, jazz bahkan sedikit disco. Kami berpatokan pada Blur. Mereka mainin banyak jenis musik dan orang masih ngomong dia Britpop," imbuh Toba.

Zealspeaks sudah mempersiapkan debut albumnya sejak tahun lalu. Mereka rekaman di studio Massive di Bandung. Nantinya album mereka memuat campuran b materi baru dan materi lama dengan aransemen baru. Proses penggarapannya tinggal beberapa persen.

"Target sebelum Lebaran udah beres. Tergantung, kita liat momen aja. Yang penting materi siap dulu," ungkap Toba soal album yang akan dirilis dalam format digital dan CD itu. [][teks @pohanpow | foto istimewa]