}
Ramadhan Jazz Festival, Konser Sambil Berdakwah
News

Ramadhan Jazz Festival, Konser Sambil Berdakwah

by Pandu
Tue, 30-Jun-2015

Penonton biasanya akan dikenai tiket biaya masuk untuk bisa menikmati sebuah konser. Tapi ini tidak berlaku pada Ramadhan Jazz Festival, di area halaman Masjid Cut Meutia, Jakarta, [26/06]. Sebagai gantinya, penonton diminta mendonasikan uang, darah atau barang untuk membantu kaum dhuafa.

Pihak panitia berusaha meniru jalan yang diambil Sunan Kalijaga. Memakai seni budaya untuk berdakwah. Maka diadakanlah Ramadhan Jazz Festival selama lima tahun terakhir.

Sebelum konser dimulai, para penonton diajak  melaksanakan shalat tarawih terlebih dahulu. Event yang berlangsung selama dua hari ini, kontan disasar oleh muda-mudi ibukota. Apalagi melihat deretan nama musisi yang berkualitas. Misal: Raisa, Abdul and The Coffee Theory, serta Yura Yunita.

Sejak pukul tujuh malam, kerumunan massa mulai memenuhi areal halaman Masjid Cut Meutia. Mereka menggelar sajadah dahulu, sebelum menikmati alunan jazz di pelataran itu.

Abenk Alter menjadi appetizer untuk hari pertama Ramadhan Jazz Festival. Ia tampil minimalis dengan dua orang additional player. satu gitaris dan satu bass. ex-Soulvibe ini langsung meng-cover lagu "Happy" milik Pharrell Williams untuk mendongkrak atmosfer.

Sudah lima kali Ramadhan Jazz festival digelar. Tiap tahun penonton selalu diperbolehkan untuk duduk di pelataran halaman sambil menikmati lagu. Tapi tahun ini berbeda, membeludaknya penonton mengakibatkan banyak yang tidak bisa masuk areal masjid.

Alhasil, untuk pertama kali Ramadhan Jazz Festival dinikmati sambil berdiri. [][teks & foto @HaabibOnta]