}
Matajiwa Selipkan Hidden Track di Album 1 Versi Kaset
News

Matajiwa Selipkan Hidden Track di Album 1 Versi Kaset

by Pohan
Fri, 24-Jul-2015

Matajiwa mengeluarkan album 1 dalam format kaset atas kerja sama dengan record label, Pitahitam Records. Sebelumnya, duo rock/folk asal Jakarta ini telah merilis dua CD album yang disebut part 1 dan part 2 serta satu double CD bertitel 1 yang memuat lagu-lagu dari kedua CD album tersebut.

Bukan tanpa alasan, terciptanya kolaborasi Anda Perdana [gitar, vokal] dan Reza Achman [drumcussion] dengan Pitahitam Records tersebut. Ian, pemilik Pitahitam Records secara personal menganggumi Anda Perdana ketika sang musisi masih mengisi gitar di band Bunga dan saat ia melepas album solo In Medio di tahun 2008.

“Sh*ttt.. doi makin keren ternyata dengan album solonya [dalam hati]. Well, tiba-tiba pula single 'Now Nation' meruyak ke pasar industri musik independen. Saat yang bersamaan juga, gua memang sedang merintis untuk membangun record label basement, yang gue beri nama si Pitahitam Records,” ujar Ian kepada LINIKINI.

Seiring berjalannya waktu, Ian melakukan pendekatan kepada Anda yang kini memang secara penuh bermusik di Matajiwa. Sampai akhirnya Ian berniat merilis album Matajiwa dalam format kaset lantaran subtansinya Ian adalah fans Matajiwa. Apalagi band ini Matajiwa punya sisi euphoria tersendiri bagi Ian.

“Matajiwa sangat merasa senang dengan kualitas sound yang termuntahkan dari desisan pita C-85. Ekstase tersendiri bagi gua pun sangat luar biasa. Bocoran sedikit mungkin In Medio akan dimanifestasikan juga oleh si Pitahitam dalam format kaset dan tentu harapannya semua bisa membeli rilisan fisik dalam format kaset dengan harga masuk akal." jelas Ian.

Sementara menurut Anda, Matajiwa memang sudah berencana ingin merilis kaset atau vinyl. "Akhirnya ketemu Pitahitam Records ya well kejadian juga. Tapi vinyl belum," kata Anda Perdana kepada LINIKINI.

Album 1 versi kaset ini begitu spesial. Selain beredar terbatas sebanyak 300 buah, album ini pun menyelipkan karya musik yang tidak tertera di daftar lagunya.

"Kami ada satu surprise dan cuma ada di kaset. Ada satu hidden track yang di CD tidak ada. Makanya harus punya kasetnya," tegas Anda.

Di tengah kembali maraknya album versi kaset, Matajiwa memang sangat peduli dengan rilisan fisik.

"Maklum kita old-fashioned banget yang masih percaya sama pola pikir zaman dulu. Walaupun kita tetap akan keluarin versi digitalnya juga. Cuma kayaknya kurang sreg gitu kalau nggak ada bentuk fisiknya. Ibarat rapor sekolah, suatu bentuk hasil akhir [rangkuman] dari perjalanan kita selama belajar di satu kurun waktu tertentu. Mau bagus atau jelek kan tergantung usaha kita di saat itu. Begitupula album dalam bentuk rilisan fisik,” jelas Anda

Kaset Matajiwa album 1 dijual seharga Rp. 40 ribu. Pemesanannya dibuka sejak Rabu [22/07]. Keterangan lebih lanjut cek di Instagram @matajiwamusic atau @pitahitam_records. [][teks @pohanpow | foto dok. Matajiwa]

Berikut daftar lagu album 1 versi kaset:

Side A
The Journey Begins
INTI
Mata Jiwa
Gili Reggae
1
The Maze
Arise

Side B
Semesta
Woman
Sisi Sisi
Into Your Grace
Dongkal Dangkil
The Journey Continues
Half Moon Satellite