}
Bangkutaman Akan Rilis Vinyl Ode Buat Kota
News

Bangkutaman Akan Rilis Vinyl Ode Buat Kota

by Pohan
Fri, 31-Jul-2015

Band trio psychedelic folk rock asal Yogyakarta, Bangkutaman akan merilis album Ode Buat Kota dalam bentuk vinyl pada  20 Agustus 2015, bekerjasama dengan label Elevation Records.

Acum, Irwin, dan Dedyk memberikan gambaran kota besar terutama Jakarta dengan cara pandang seorang pelaku sekaligus pengamat sosial melalui album ini.

“Ode adalah pujian. Namun di sini, ode adalah lukisan sinis untuk melihat wajah perkotaan yang sebenarnya. Kampung Melayu, Sunter, Tanah Abang, Klender, sampai Sudirman dan Thamrin, dari sudut sampai pusat, dari kumuh sampai elit," jelas Acum.

Menurut Acum, ide lagu pada albumnya datang dari pergulatan harian dengan kenek bus kota, supir bajaj dan ojek, kesesakan di KRL, sampai supir taksi tersiksa karena dinginnya AC. Ternyata keadaan ini tak senyaman setorannya yang belum maksimal.

"Tanda-tanda kota: pengemis, pengamen, timer, kenek, polisi, sirene beriringan di atas mobil-mobil dengan pelat mobil khusus yang tidak kebanyakan orang punya, si “raja jalanan” yang punya ruang lega di tengah kemacetan, keriaan anak jalanan di kolong fly over tugu Pancoran, industri musik “berlari di lingkaran setan” sampai wajah pertelevisian, dan panggung dengan beragam “peran”," papar Acum

Vinyl Ode Buat Kota dibanderol Rp. 385 ribu dalam jumlah yang sangat terbatas. Pemesanan dibuka awal  Agustus 2015 melalui elevationrecords.co. Setelah itu dijual dalam acara peluncurannya awal September 2015.

Ode Buat Kota versi menampilkan 10 lagu terbagi side A dan side B: "Ode Buat Kota”, " Jalan Pulang”, “Hilangkan”, "Coffee People”, “Alusi”, “Penat”, "Train Song”, "Di Batas Lelah”, " Menjadi Manusia”, dan "Catch Me When I Fall”.

Album Ode Buat Kota pertama kali dirilis pada tahun 2010 dalam format CD di bawah label Jangan Marah Records. [][teks @pohanpow | foto Bangkutaman]