}
The Changcuters Bawa Misi ke Summer Sonic
News

The Changcuters Bawa Misi ke Summer Sonic

by Pohan
Fri, 07-Aug-2015

Ihwal tentang The Changcuters masuk barisan penampil festival internasional Summer Sonic di Jepang, kabarnya sudah beredar lama di media sosial. Hingga akhirnya unit rock n' roll asal Bandung ini menggelar konferensi pers di kantor label mereka, Sony Music Indonesia, Rabu [05/08].

The Changcuters menerima surat elektronik konfirmasi kehadiran dari panitia Summer Sonic pada 21 April 2015. Tidak sia-sia, mereka mengajukan profile bandnya ke pihak Summer Sonic beberapa waktu atas saran seorang teman berkewarganegaraan Jepang.

Tria [vokal], Qibil [gitar], Dipa [bass], Alda [gitar], dan Erick [drum] memastikan tampil pada 15 Agustus 2015 di Island Stage. Adapun artis-artis internasional yang ikut memeriahkan festival ini, antara lain:  The Chemical Brothers, Ariana Grande, Marilyn Manson, Kodaline, dan masih banyak lagi.

"Kami sedang fokus album kelima. Di tengah workshop album kelima, kami diundang main di Summer Sonic Fest. Akhirnya, album digeber dan sekarang persiapan ke Jepang," kata Tria kepada rekan-rekan yang hadir.

The Changcuters bukanlah band Indonesia pertama yang masuk line up Summer Sonic Festival [sebelumnya Pee Wee Gaskins di tahun 2012], band tetap antusias. Meski begitu, sejauh ini mereka sudah mempersiapkan diri dengan mematangkan daftar lagu yang akan dimainkan, dan tentu saja latihan secara intensif. 

"Misi kami ingin memperkenalkan budaya kontemporer Indonesia, nggak cuma yang tradisionalnya aja agar orang di dunia tau bahwa ada band-band seperti ini di Indonesia," ungkap Qibil.

Sebelumnya, mereka sempat diundang KBRI Jepang tahun 2011untuk manggung di Yoyogi Park, Tokyo.

Rombongan The Changcuters yang terdiri dari 5 orang personel, 1 additional player, 1 orang sesi dokumentasi, dan sang manajer akan bertolak dari Jakarta ke Jepang pada 13 Agustus 2015. Setelah tampil di Summer Sonic, mereka berencana menghadiri upacara bendera di KBRI Jepang pada 17 Agustus tepat perayaan HUT Kemerdekaan ke-70.

Sebagai pemanasan, The Changcuters akan beraksi memeriahkan Nyanyian Anak Negeri: Konser Musik Kemerdekaan pada 8 Agustus 2015 di Lapangan Pusdikpassus Kopassus Batujajar, Bandung. [][teks & foto @pohanpow]