Sekilas Sejarah Ford Motor Company
Otomotif

Sekilas Sejarah Ford Motor Company

by Dedi
Wed, 27-Jan-2016

Ford adalah perusahaan otomotif kelima terbesar di dunia yang didirikan oleh Henry Ford, mantan insinyur yang pernah bekerja di sebuah perusahaan milik Thomas Alva Edison. Berikut ini adalah sedikit sejarah dari perusahaan otomotif itu:

1. Ford Motor Company bukanlah usaha pertama Henry Ford untuk memiliki perusahaan mobil, tapi dimulai pada 3 November 1901 dengan membuat Henry Ford Company. Perusahaan tersebut kemudian diubah menjadi Cadillac Motor Company pada 22 Agustus 1902 setelah Ford meninggalkannya.


2. Henry Ford berusia 39 tahun ketika ia mendirikan Ford Motor Company, yang berdiri pada tahun 1903 dengan modal $28,000 dari 12 orang investor. 

3. Di tahun-tahun awal perusahaan, mereka hanya dapat memproduksi beberapa unit kendaraan dalam sehari di pabrik yang berlokasi di Mack Avenue, Detroit, Michigan. Setelah satu dekade, perusahaan ini memimpin dalam produksi dengan menerapkan konsep jalur perakitan dalam memproduksi mobil pada tahun 1913.


4. Ford adalah salah satu perusahaan keluarga terbesar di dunia. Ford Motor Company tetap dipimpinl keluarga Ford selama lebih dari 100 tahun. 

5. Tahun 1908, Ford memperkenalkan Ford Model T "Tin Lizzie", mobil murah produksi massal yang merevolusi gaya hidup orang Amerika dalam bepergian. Hanya tersedia dalam warna hitam untuk mempermurah biaya produksi, Ford Model T memungkinkan kelas ekonomi menengah untuk memiliki mobil yang tadinya hanya bisa dibeli oleh orang-orang kaya saja.

6. Efisiensi produksi pada pabrik mobil Ford adalah kata kuncinya. Dengan jalur perakitan mobii yang efisien dan penggunaan suku cadang yang diproduksi massal, Pabrik Ford di Michigan bisa memproduksi 24 buah Model T tiap jamnya.


7. Model A yang diperkenalkan pada tahun 1930, melanjutkan sukses dari Model T sebagai mobil yang paling populer di Amerika. Ford juga memperkenalkan Model A bermesin V8 dengan harga murah pertama pada tahun 1932 dan versi station wagon-nya.


8. Selain mobil ekonomis, Ford juga dikenal dengan "muscle car" legendarisnya, Ford Mustang yang bermesin V8 dengan simbol kuda berlari yang diperkenalkan pada tahun 1962. 


9. Ford Motor Company juga pernah memiliki beberapa perusahan mobil selain Ford seperti Lincoln, Mercury, Edsel, Merkur, Jaguar, Aston Martin, Volvo dan Land Rover. [][teks @dd_sarwono/berbagai sumber | foto wikipedia.org, americalibrary.org, logopedia.com]