Otomotif

Toyota Kijang dari Masa ke Masa

by Intern 2
Fri, 10-Nov-2017

Di setiap jalanan di Indonesia ini, pasti kamu pernah melihat mobil Kijang 'kan? Mobil keluarga jenis Multi-Purpose Vehicle [MPV] ini merupakan model kendaraan minibus paling populer di Indonesia. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1977, Kijang merupakan salah satu produk tersukses dan terkenal yang pernah dikeluarkan Toyota.

Sampai tahun 2017 ini, sudah banyak dirilis model Toyota Kijang dengan berbagai variasi  hingga beberapa generasi. Berikut generasi Toyota kijang dari masa ke masa.

1. Generasi pertama Kijang diluncurkan pada tahun 1977

Generasi pertama Toyota Kijang ini menggabungkan konsep pickup dengan bentuk persegi dasar.

Model ini juga dikenal sebagai Kijang Buaya karena kap mesin mobilnya bisa dibuka ke samping. Untuk model ini, persentase komponen lokal dan komponen lokal sudah mencapai 19%.

2. Toyota Kijang Generasi 2 1981-1985

Generasi kedua Toyota Kijang memulai penjualannya kembali pada tahun 1981. Mobil dengan kode sasis KF20 ini juga dijuluki Kijang Doyok. Untuk model ini, persentase komponen lokal dan komponen yang dirakit secara lokal telah mencapai 30%.

3. Pada tahun 1986, generasi ketiga jajaran Toyota Kijang diluncurkan.

Generasi Kijang ini menampilkan bentuk melengkung yang membuatnya terlihat lebih modern. Untuk model ini, persentase komponen lokal dan komponen yang dirakit secara lokal telah mencapai 44%.

4. Generasi keempat Kijang diperkenalkan pada tahun 1997.

Dengan interior yang baru dirancang dan bagian eksterior yang lebih aerodinamis. Model ini juga dicap sebagai Kijang Kapsul. Untuk model ini, persentase komponen lokal dan komponen yang dirakit secara lokal telah mencapai 53%.

5. Kijang mendapat model yang lain pada tahun 2004 dan masuk pasar sebagai Kijang Innova.

Model ini telah mengalami perubahan yang relatif dramatis jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sedangkan konsep awal dari generasi pertamanya adalah kelas bawah, generasi kelima diposisikan sebagai kendaraan kelas menengah. Selain Indonesia, model ini juga dipasarkan di luar negeri dengan nama Innova tanpa embel-embel Kijang.

6. Kijang generasi keenam.

All new Kijang Innova merupakan produk generasi keenam Toyota Kijang. Mobil ini memiliki basis hampir mirip dengan generasi kelimanya, namun memiliki banyak kelebihan dari sisi fitur keselamatan maupun kemewahannya. Dengan memakai 85% komponen lokal, mobil ini juga sudah diekspor ke 29 negara. [][teks @apra_manuela/toyotaindonesiamanufacturing.co.id | foto toyotaindonesiamanufacturing.co.id]