Otomotif

Tombol Shift Lock Mobil Matik, Buat Apa Sih?

by Intern 2
Sun, 13-Aug-2017

Buat yang menggunakan mobil matik, rasanya enak ya. Jalan jalan ke mana aja tinggal gas dan rem. Mau pergi belanja pakai mobil matik? Ya sama juga sih tinggal gas dan rem ke pusat perbelanjaan. Nah, kalau parkir, yang pengguna mobil matik bagaimana? Pakai shift lock nggak? Atau kamu emang belum tahu fungsi shift lock itu?

Kebanyakan mobil matik modern sudah memiliki tombol shift lock pada sistem tuas transmisinya. Namun, ternyata masih banyak penggunanya yang masih belum mengetahui fungsi fitur tersebut.

Tombol shift lock sengaja dibikin sebagai salah satu fitur keselamatan pada kendaraan matik. Fungsi fitur ini untuk menetralkan posisi transmisi mobil matik. Ini berfungsi saat parkir, terutama ketika parkir paralel, apalagi yang menghalangi mobil di sebelahnya.

Ketika mobil matik diharuskan parkir tanpa harus menarik tuas rem tangan dan posisi transmisi netral, dengan tujuan agar mobil mudah dipindahkan, di sinilah tombol shift lock bekerja. Dengan menekan tombolnya, tuas transmisi pada pada posisi P saat parkir bisa dipindahkan langsung ke posisi N.

Kalau tanpa tombol shift lock, transmisi tidak bisa langsung dipindahkan ke posisi N dari posisi P. Selain itu, bila transmisi langsung dipindahkan ke tuas N saat parkir, untuk mobil matik tidak mau dicabut kunci kontaknya atau bahkan tidak mau dimatikan sebelum transmisi berada pada posisi P.

[][teks @apra_manuela/otomania.com | foto team-bhp.com/youtube.com]