Mengapa Airbag Tak Mengembang Saat Benturan?
Otomotif

Mengapa Airbag Tak Mengembang Saat Benturan?

by Intern 2
Mon, 21-Aug-2017

Airbag atau balon udara adalah salah satu perangkat keselamatan yang berfungsi meminimalkan cedera ketika terjadi kecelakaan. Perangkat keselamatan ini akan melindungi beberapa bagian tubuh, seperti bagian kepala dan dada.

Airbag kini tak hanya tersedia pada mobil mahal, namun juga ada pada mobil ekonomis, seperti mobil Low Cost Green Car [LCGC].

Airbag akan mengembang jika terjadi benturan. Namun, beberapa kendaraan yang memiliki airbag ketika mengalami kecelakaan, kantung udara tersebut tidak mengembang. Mengapa bisa begitu? Berikut beberapa penyebab airbag tak mengembang ketika bertabrakan.

1. Benturan samping

Airbag yang hanya berada di dashboard saja tidak akan mengembang jika terkena benturan dari samping kendaraan. Hal ini karena pemicu airbag tersebut berada di depan, bukan di samping.

2. Tabrak belakang

Walaupun airbag juga tersedia di bagian samping, kantung udara tidak akan mengembang karena pemicunya tidak menyala. Pemicunya ini akan mengirimkan sensor ke airbag untuk mengembang karena adanya benturan.

3. Menabrak objek tinggi

Biasanya terjadi di mobil jenis sedan atau MPV. Ketika menabrak objek tinggi, contohnya bagian belakang truk, mobil kan masuk ke kolong truk, sehingga yang terkena benturan hanya atap mobil, bukan bagian depan mobil.

4. Kecepatan di bawah ketentuan

Jika kecelakaan di bawah 25km/jam, airbag tidak akan mengembang.

5. Tabrakan beruntun

Jika tabrakan frontal, airbag masih mungkin mengembang. Sementara jika hanya mengenai bagian samping bumper depan, airbag ada kemungkinan tidak mengembang.

6. Tabrak sesuatu

Contohnya adalah menabrak tiang. Jika titik tabrak tidak dekat dengan sensor, airbag tidak akan mengembang.

Intinya, jika mobil yang memiliki airbag mengalami benturan namun tidak mengenai sensornya, airbag mobimu tidak akan mengembang. Jadi, teliti juga sebelum membeli mobil. Jangan terpaku pada brosur, dan tanyakan secara langsung kepada pihak dealer mobil mengenai airbag jika diperlukan. [][teks @apra_manuela/indonesianmotorshow.com | foto cars.com, nbcnews.com]