Bahan Bakar Hemat, "Kanker" Pun Hilang
Otomotif

Bahan Bakar Hemat, "Kanker" Pun Hilang

by Intern 2
Tue, 12-Sep-2017

Iya “kanker” [kantong kering]. Kapasitas tangki BBM [Bahan Bakar Minyak] mobil yang sangat besar, pastinya membutuhkan uang yang banyak juga untuk membeli bahan bakar kendaraan roda empat ini. Beberapa tips ini bisa digunakan untuk menghemat bahan bakar kendaraan kamu.

1. Jaga Putaran Mesin

carmudi.co.id

Untuk menghemat BBM, seringkali pengendara memacu kendaraannya sampai 4.000 RPM [unit frekuensi]. Hal ini bertujuan agar ketika perpindahan gigi kendaraan dilakukan, BBM bisa hemat di gigi selanjutnya. Salah! Bagi kendaraan bensin, perpindahan gigi itu sebaiknya berada di antara RPM 1.500 sampai 2.200. sedangkan untuk mesin diesel di antara RPM 1.100 sampai 2.000. Ketika perpindahan gigi di antara RPM tersebut dilakukan, mesin akan terasa halus, sehingga BBM lebih hemat.

2. Gunakan BBM Oktan Atau Cetane Tinggi

hondacommunity.net

Bahan bakar dengan oktan atau cetane number tinggi, memberikan performa yang baik bagi mesin. Hal ini dikarenakan sedikitnya kerak-kerak akibat sisa pembakaran dari dalam mesin, sehingga BBM lebih efisien.

3. Ban Ternyata Ikut Andil Dalam Penghematan BBM

carreview.id

Setiap ukuran ban mempunyai stkamur tekanan angin yang dibutuhkan. Mobil dengan tekanan angin yang tidak sesuai menyebabkan mesin mobil bekerja lebih keras, sehingga dibutuhkan banyak BBM untuk perputaran mesin. Di sinilah borosnya BBM terjadi. Sekarang ini sudah ada kompresor portabel untuk mobil. Jadi untuk jaga-jaga jika kurang angin, kamu bisa beli kok.

4. Matikan AC Jika Tidak Perlu

fastnlow.net

AC bukan hanya berasal dari aki mobil, namun juga perputaran mesin. Semakin dingin penyetelan AC, maka semakin tinggi pula kinerja yang dibutuhkan mesin, sehingga pemborosan terjadi.

5. Kurangi Beban Kendaraan

aktual.com

Jangan terlalu memaksakan kendaraan kamu untuk mengangkut beban yang terlalu berat. Baca buku manual yang diberikan oleh produsen mobil. Beban yang terlalu berat juga membuat mesin kamu harus bekerja ekstra, apalagi di tanjakan. Sudah mobil kecil, beban berlebihan, ban kurang angin, pakai bensin dengan oktan terendah, lalu pakai AC, kelar dompet lo!

6. Tidak Sering Gas dan Rem

otonity.com

Terlalu sering menginjak gas dan rem juga mengakibatkan mesin tidak stabil. Ketika di jalanan lurus dan sepi, ada kalanya kamu bisa melepaskan kaki kamu dari pedal gas, dan biarkan mobil meluncur. Dan ketika pengereman, gunakan pengereman mesin, yaitu menurunkan gigi mobil. Kemudian, jaga jarak aman kendaraan anda, agar tidak sering mengerem mendadak.

7. Jangan Terlalu Membuka Jendela Mobil

apritos.com

Memang di atas sudah disebutkan jika menyetel AC mobil terlalu kencang, justru akan membuat bahan bakar kendaraan menjadi boros. Mungkin beberapa pengendara berpikir, lebih baik membuka jendela mobil saja, supaya terkena angin dan tidak akan mengantuk. Betul, bagi sebagian orang, angin dari luar bisa mencegah supir mengantuk. Namun, jika berada di kecepatan tinggi, dan jendela mobil terbuka lebar, itu juga membuat bahan bakar kamu boros. Mengapa? Angin yang masuk kedalam justru akan mendorong mobil ke belakang, sehingga memperlambat laju kendaraan. [][teks @apra_manuela, oto.detik.com | foto @apra_manuela, pxhere.com, berbagai sumber]