Kenalan dengan 8 Ban Motor
Otomotif

Kenalan dengan 8 Ban Motor

by Pohan
Wed, 20-May-2015

Kita pasti tahu dong ban motor. Setiap hari menggelinding di jalan-jalan. Meski sudah tahu, mungkin kita tak banyak mengenal macam, model dan fungsinya, yang sesuai denan kondisi jalanan, cuaca, serta jauh dekatnya suatu perjalanan. Nah, biar berkendara lebih nyaman dengan ban yang sesuai, yuk kita kenalan dengan macam-macam ban motor.

1. BAN SPORT [SEMI SLICK]

  • Memiliki grip atau daya cengkram yang luar biasa.
  • Jarak tempuh hanya 1.000 mil [1.600 km] atau kurang
  • Tipe ban sport di lapangan balap membutuhkan daya cengkram yang tinggi pada saat menikung.
  • Ban ini bisa beroperasi pada suhu yang tinggi.
  • Tingkat cengkraman meningkat seiring dengan meningkatnya suhu ban.
  • Tidak aman digunakan di jalan umum. Soalnya, daya cengkram ban ini baru efektif ketika suhu ban tinggi dan mungkin Anda sudah sampai ke tempat tujuan sebelum suhu ban menjadi panas.
  • Di balapan, ban ini dipanaskan dengan alat pemanas untuk menghasilkan daya cengkram yang maksimal.
  • Ban ini biasanya digunakan oleh sebagian motor supersport ber-cc 1000 ke atas, seperti Ducati Panigale dan beberapa supersport lainnya.

2. BAN SPORT TOURING

  • Daya tahan lebih baik dari tipe ban sport.
  • Daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport.
  • Daya tikung nggak sebagus tipe ban sport.
  • Bagus untuk track yang lurus.
  • Bagus digunakan untuk perjalanan antar kota [jarak jauh].
  • Ban jenis ini biasanya digunakan oleh motor sport ber-cc menengah hingga besar. Pada dasarnya ban ini memiki grip yang cukup kuat serta pemakaian yang lebih awet dari pada ban tipe sport.

3. BAN TOURING

  • Ban biasanya terbuat dari karet keras untuk daya tahan yang lebih lama.
  • Pada suhu tinggi daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport dan sport touring.
  • Pada suhu lebih rendah, daya cengkram lebih baik dibanding suhu tinggi.
  • Lebih cocok untuk mengendarai dalam kondisi dingin atau musim dingin, sedangkan tipe ban sport mungkin tidak pernah mencapai suhu operasi optimal.
  • Ban jenis ini pada umumnya dipakai oleh motor-motor berjenis touring dari cc kecil hingga besar, seperti Harley Davidson.

4. BAN CRUISER

  • Daya tahan lebih baik daripada tipe ban sport.
  • Daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport.
  • Ban ini sering digunakan untuk motor tipe underbone [bebek] serta beberapa motor touring.

5. BAN SCOOTER

  • Ban jenis ini khusus digunakan untuk motor skuter seperti vespa atau matic.
  • Memiliki diameter ban yang lebih kecil daripada ban tipe cruiser.
  • Memiliki grip [cengkraman] serta keawetan yang sama dengan ban tipe cruiser.

6. BAN OFF ROAD

  • Ban tipe off road memiliki tonjolan dan dalaman untuk menghasilkan cengkraman maksimum pada medan berlumpur, berpasir, atau berkerikil.
  • Penggunaan jenis ban offroad di jalan raya sangat tidak disarankan karena ban tidak stabil pada jalan aspal serta akan cepat kehilangan daya cengkramnya.
  • Ban ini pada umumnya digunakan untuk motor jenis offroad atau supermoto.

7. BAN RACING [SLICK/TIPE KERING]

  • Ban ini hanya khusus digunakan untuk balapan dan sangat dilarang digunakan di jalan umum karena amat berbahaya.
  • Ban ini memiliki harga yang sangat mahal serta umur pemakaian yang relatif singkat.
  • Tekstur segitiga di ban lebih banyak [semakin banyak semakin kuat daya cengkramnya].
  • Tipe ban racing dibuat dengan karet yang lebih lembut agar bisa mendapatkan grip yang maksimal.
  • Ban ini sangat tidak cocok digunakan dalam keadaan basah karena sangat licin dan tanpa daya cengkram.
  • Tidak cocok digunakan pada musim dingin, semi dan gugur.

8. BAN RACING [TIPE BASAH]

  • Ban jenis ini berkarakter  sama dengan ban tipe kering dan  hanya khusus digunakan pada saat hujan atau sehabis hujan.
  • Ban jenis ini memiliki alur sangat banyak, yang fungsinya sebagai jalur pembuangan air. Jadi, ban dapat menapak sempurna di permukaan jalan.
  • Ban tipe basah ini juga dibuat dengan karet yang sangat lembut.
  • Ban jenis ini bisa digunakan dijalan raya tetapi dengan umur pemakaian yang singkat. [][teks @pohanpow/balemoto.blogspot.com | foto dok. motormobile.net]