Sistem Pengereman ABS di Sepeda Motor? Pentingkah?
Otomotif

Sistem Pengereman ABS di Sepeda Motor? Pentingkah?

by Intern 2
Sun, 22-Oct-2017

Sebelum bicara mengenai penting atau tidak ABS di motor, kita ulas sedikit yuk mengenai ABS.

ABS atau Antilock Braking System, adalah sistem pengereman roda pada kendaraan agar tidak terkunci ketika terjadi pengereman mendadak atau secara dalam. Nah, apabila tidak ada sistem ABS, maka ketika pengereman mendadak, pengemudi bisa saja kehilangan kendali, karena roda terkunci.

Sekarang, apakah rem ABS berguna untuk sepeda motor? Jawabannya: perlu.

Untuk jalanan di Indonesia yang sering basah karena musim penghujan, motor yang mempunyai sistem rem ABS sangat aman digunakan. Ketika mengerem di jalanan basah, roda tidak akan langsung terkunci, karena sistem rem diatur komputer.

Namun, rem ABS tak selamanya memberi "keamanan". Kekurangan rem ini tentu saja ada. Misalnya ketika sedang mengerem di jalanan bergelombang, tentu "gigitan" remnya tidak terasa, atau bahkan motor akan tetap meluncur. Selain itu, ketika mengerem dalam jarak dekat, kemungkinan tabrakan akan terjadi. Menurut pelatih Safety Riding & Safety Driving Ditlantas Polda Metro Jaya, Aiptu Bambang Margono, sistem kerja ABS menjadi kelemahannya.

"Jika kecepatan terlalu tinggi, terlalu kencang, akhirnya dia membuang. Gaya sentrifugal-nya itu dengan speed tinggi itu keluar. Sentrifugal itu gaya membuang keluarnya," ujarnya di Jakarta.

Bambang juga menjelaskan, sentrifugal adalah gaya yang terjadi pada rem ABS ketika terjadinya pengereman mendadak. Semakin kencang kendaraan, maka semakin besar potensi sentrifugal saat pengereman mendadak.

Jadi sebaiknya bagaimana? Baik motor yang memakai ABS maupun konvensional sebenarnya sama-sama baik. Akan tetapi, perilaku pengemudi motor di jalan lah yang menjadi kuncinya. Tetap berhati-hati di jalan, jangan ugal-ugalan, dan jaga jarak ketika berkendara. [][teks @apra_manuela/oto,detik.com l foto vvisordown.com, bosmurah.com]