Kendaraan Umum Jadul
Otomotif

Kendaraan Umum Jadul

by Pohan
Fri, 19-Jun-2015

Pada era sekarang ini,  ojek adalah salah satu transportasi publik yang dianggap paling efisien dalam menghemat waktu dari kemacetan lalu lintas. Sayangnya, ojek cuma bisa mengangkut satu penumpang.

Ibukota padat dengan bertambahnya kendaraan pribadi, kendaraan umum seperti: TransJakarta atau Commuter Line yang diharapkan bisa memberikan kenyamanan pun masih harus berbenah diri.

Nah, beda dengan zaman dulu. jalanan di ibukota nggak terlalu macet. Nggak heran, banyak kendaraan umum berbagai tipe dan jenis. Apa saja ya?

Yuk, nostalgia dulu melihat kendaraan umum jadul alias zaman dulu. Mungkin saat itu orangtua kita masih muda, dan mereka akrab dengan jenis kendaraan umum di bawah ini:

Bus Tingkat

Konon bis ini meramaikan Ibukota pada era '80-an. Sekarang bis tingkat wisata, City Tour Jakarta gratis disediakan Pemprov DKI.

Oplet

Jadi inget serial Si Doel Anak Sekolahan. Oplet populer pada era '70 hingga akhir '80-an. Cikal bakal angkutan umum modern.

Bemo

Kendaraan roda tiga ini hanya ditemukan di beberapa wilayah di Jakarta. Memang cukup fenomenal, konon bemo adalah ikon Betawi.
foto indonesiaindonesia.com

Helicak

Populer pada era '80-an, kendaraan ini mengangkut 2 penumpang seperti becak. Seru ya kalau masih ada berasa naik helikopter di darat!
foto kaskus.co.id

Mobet [Motor Becak]

Perpaduan antara motor dan becak, mobet terlihat begitu unik. Laris pada era '90-an, dan kendaraan ini efektif melintasi jalur padat di masa kejayaannya.

Bajaj Klasik

Bajaj 2 tak sudah jarang ditemui dengan kehadiran bajaj bahan bakar gas BBG. Sopir bajaj merah dikabarkan masih keberatan beli bajaj BBG.

Becak

Kita semua pasti setuju jika supir becak tenaganya seperti atlet. Bayangkan, ia mengayuh pedal untuk jarak jauh. Fwuuuhhh…
foto sejarawanmuda.wordpress.com

[][teks @pohanwpow/diolah dari owtop.blogspot.com | foto berbagai sumber]