Tips Mudik Pakai Motor
Otomotif

Tips Mudik Pakai Motor

by Pandu
Thu, 02-Jul-2015

Satu dekade terakhir ini, jumlah motor yang ikut mudik makin bertambah. Tidak sedikit juga jumlah kecelakaan yang terjadi sejak itu. Untuk mengurangi tingkat kecelakaan selama periode mudik, ikuti langkah berikut ini ya.

Cek kesiapan motor

Sebelum berangkat mudik cek motor, mulai kaca spion sampai pentil motor. Cek tekanan ban, klaher ban, dan keterangan lampu. Ini agar perjalanan lancar tanpa hambatan.

Cek surat-surat motor

Ini juga penting, tidak mungkin kan kembali lagi untuk ambil surat-surat. So, simpan simpan-simpan di tempat yang aman jangan sampai hilang.

Bawa kunci-kunci motor

Taruh di dalam bagasi. Jika kaca spion kendur, bisa segera dikencangkan kembali. Ini membantu jika ada kerusakan kecil yang bisa kamu tangani sendiri.

Gunakan box tambahan

Bawa barang secukupnya dan taruh di dalam box tambahan. Keselamatan lebih penting dari pakaian atau buah tangan yang berlebih.

Jangan sampai anak terhimpit

Jika membawa anak kecil, pastikan tubuhnya tidak terhimpit atau sulit bernafas. Beri ruang sedikit agar tubuh kecilnya leluasa bergerak dan tidak jenuh di motor.

Jaga batas kecepatan

Ketika melihat jalanan kosong, tangan pasti gatal ingin memacu motor. Lebih baik tahan. Keselamatan lebih penting. Jaga batas kecepatan, maksimal di 60/km per jam

Tiap 2,5 jam sekali istirahat

Supaya pikiran bisa fokus dan tubuh tidak terlalu terbebani, setiap 2,5 jam sekali berisitirahatlah. Jika memang letih sekali, berhenti dan tidur.

Nyalakan lampu siang dan malam

ini menyiksa aki motor kamu memang, tapi bisa menghindari kamu kecelakaan dari arah yang berlawanan.

Gunakan helm full face dan jaket

Pakai helm sesuai standar dan juga jaket wind-proof. Ini supaya kamu tidak sakit ketika hari raya nanti. [][teks @HaabibOnta | foto motorbikewriter]