Ini Cara Agar Anak Bertahan di Lingkungan Baru
Parenting

Ini Cara Agar Anak Bertahan di Lingkungan Baru

by Sherra
Tue, 31-Mar-2015

Ketika anak Anda masih kecil dan belum cukup umur untuk keluar sendirian, Anda pasti hanya membiarkan mereka bermain di rumah. Apalagi kalau tau sekarang ini banyak kejahatan yang menghantui anak.

Tapi semakin bertambah besar mereka, mereka harus tau dunia luar.  Sebelum itu, bimbinglah agar mereka dapat memiliki kemampuan untuk dapat mengatasi keadaan darurat seorang diri.

1. Percaya Diri
Yakinkan anak Anda bahwa mereka dapat mengatasi masalah genting seorang diri. Katakan bahwa mereka akan baik-baik saja ketika sendirian di luar dan di lingkungan baru.

2. Kompeten
Saat keadaan darurat, katakan pada mereka untuk tidak panik. Biasanya kepanikan hanya membuat pikiran kacau. Daripada memikirkan masalah-masalah lain yang akan terjadi, bimbinglah mereka agar lebih baik memikirkan solusi apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat.

3. Kepercayaan [dalam diri]
Biarkan mereka tau kalau tidak semua orang asing adalah ancaman, begitu pun tidak semua teman adalah orang baik. Masing-masing orang memilliki keyakinan. Katakan pada mereka untuk percaya pada intuisi mereka.

4. Logika
Tunjukkan pada mereka bagaimana untuk mencari jalan. Kalau anak sudah bermain di luar rumah, pastinya harus tahu jalan untuk pulang dari berbagai tempat main. Mungkin mereka tau jalan pulang dari tempat yang sudah biasa mereka datangi, tapi bagaimana mereka pulang dari wilayah yang baru?

5. Kerendahan Hati
Ajarkan mereka untuk meminta bantuan ketika ragu. Kalau mereka tidak dibekali telepon genggam, ajarilah mereka bagaimana cara meminta bantuan orang dewasa atau anak-anak lain yang mereka percayai untuk diminta bantuan [seperti nomor 3]. Ingat, malu bertanya, sesat di jalan.

Memang, menjaga anak-anak adalah hal yang terpenting. Tapi lebih penting lagi untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri mereka. Ketika kita sudah bisa melakukan itu, anak-anak akan aman saat mereka tidak berada di dalam pengawasan orangtua. [][teks @saesherra/ehow.com | foto freeimages/ corbis]