Ajak Anak Cintai Buku
Parenting

Ajak Anak Cintai Buku

by Dewi
Tue, 12-Jan-2016

Di jaman sekarang ini, masyarakat segala umur, tentu saja termasuk anak-anak, sudah nggak asing lagi terlihat sedang sibuk dengan gagdet di tangan. Bagi orang dewasa, gadget sudah menjadi bagian penting dari pekerjaan. Banyak hal bisa dilakukan dan dikoordinasikan melalui gadget. Tapi bagaimana dengan anak-anak? Cobalah untuk mengalihkan perhatiannya ke buku, karena banyak sekali yang bisa didapat melalui membaca buku.

1. Mulailah sedini mungkin. Bacakan anak buku cerita 5-7 kali seminggu, berganti-ganti antara ibu dan ayah. Ubah suara Anda untuk setiap karakter cerita agar menarik bagi anak. Bisa juga Anda mengajaknya ke perpustakaan atau toko buku dan biarkan dia memilih sendiri buku cerita yang disukainya.

2. Jangan menolak jika anak selalu minta buku yang sama. Dengan seringnya cerita diulang, tunjuk setiap kata yang Anda baca, anak akan cepat memproses.

3. Sesekali ganti bukunya dengan buku yang Anda ingin baca. Anak pasti belum bisa memahami isi bacaan tersebut. Tapi dari suara Anda yang pastinya terdengar sangat menikmati, anak akan ikut larut dalam bacaan Anda. Tentunya Anda harus bijak memilih jenis ceritanya juga ya..

4. Lakukan aktivitas seperti yang ada di dalam cerita tersebut bersama anak. Pilih yang paling seru, sehingga anak bisa semakin terhubung dengan cerita yang kalian baca bersama. Misalnya dalam buku tersebut ada cerita tentang piknik, nah ajak anak untuk pergi piknik ke lokasi yang menyerupai dalam buku tersebut. Lebih seru lagi samakan juga makanan dan minumannya..

5. Terakhir, jangan lupa, berada di dekat anak, Anda pun harus membiasakan diri untuk lebih banyak membaca buku daripada sibuk dengan gadget. Ingat, anak meniru apa yang dilakukan orang tuanya. [][teks @tantedow/lifehacks.org | foto corbisimages.com]