Kiddle, Mbah Google buat Anak?
Parenting

Kiddle, Mbah Google buat Anak?

by Dedi
Tue, 08-Mar-2016

Untuk yang peduli dengan keamanan anak-anak di dunia maya, kini ada situs pencarian baru yang dikhususkan buat anak bernama Kiddle.co.

Cara menggunakannya tidak berbeda dengan mesin pencari lainnya, cukup masukkan kata kunci di kotak pencarian dan tekan enter. Tetapi bedanya Kiddle memblokir sejumlah kata kunci yang dianggap tidak tepat untuk anak-anak. 

Mesin pencari Kiddle tidak berafiliasi dengan Goggle tetapi memanfaatkan fitur Safe Search dari Google dan hasil pencariannya juga dipilih dan dicek secara manual oleh para editor-nya. Selain itu para orangtua juga bisa turut berkontribusi dalam pemblokiran kata-kata dan situs yang dianggap tidak aman untuk anak dengan mengisi formulir digital yang tersedia di kiddle.co.

Namun biarpun Kiddle jauh lebih aman dari mesin pencari lainnya, tetapi masih dalam tahap pengembangan dan jauh dari sempurna. Masih ada beberapa kata kunci tidak layak yang masih lolos dari proses filterisasi Kiddle.

Secanggih-canggihnya teknologi, pengawasan  dan bimbingan orangtua masih tetap diperlukan untuk memastikan keamanan anak dalam menelusuri internet. [][teks @dd_sarwono/bbc.com, bintang.com | foto kiddle.co]