Pertanyaan Seputar "Dapet"
Parenting

Pertanyaan Seputar "Dapet"

by Dewi
Fri, 17-Jun-2016

Gadis kecil Anda mulai bertanya-tanya seputar menstruasi dan Anda bingung bagaimana menjawabnya? Nah, kami kasih contekannya ya, coba intip yang berikut ini..

1. “Kapan aku dapet?” Tidak ada yang tau pasti, karena masing-masing anak berbeda. Biasanya 2-3 tahun setelah dadanya tumbuh.  

2. “Sakit nggak?” Sebagian anak memang mengalami kram perut bagian bawah. Tapi tenang saja, kram bisa diatasi dengan kompres hangat, atau rajin berolahragalah untuk mencegah terjadinya kram.

3. “Kalo mens, aku harus gimana?” Ajarkan dia cara menggunakan pembalut, dan pentingnya untuk mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali. Bagi para ayah, tidak ada salahnya untuk mengenal jenis-jenis pembalut yang dijual saat ini lho..

4. “Mens itu berapa lama?” Ini pun tidak sama untuk semua anak. Ada yang tiga hari, ada yang seminggu.

5. “PMS apa sih?” Perubahan fisik dan emosi yang terjadi sebelum mens. Nah, pastikan anak rutin berolahraga dan konsumsi makanan sehat untuk memperkecil efeknya. Tidak mau ada little drama queen di rumah setiap bulan kan?

6. “Kenapa cuma anak perempuan yang mens?” Perubahan pada anak laki-laki saat pubertas berbeda dengan perempuan. Suara mereka menjadi berat dan tumbuh kumis.

7. “Aku akan mens seumur hidupku?” Tidak, biasanya wanita akan berhenti menstruasi sekitar usia 45-51 tahun. Itu disebut menopause.

8. “Orang lain tau nggak kalo aku lagi mens?” Yakinkan dia bahwa pembalut nggak akan terlihat oleh orang lain asalkan dia mengenakan pakaian yang tepat.

9. “Kalo tembus gimana?” Ajarkan dia untuk mengikat sweater atau kemeja di pinggang. Atau sarankan untuk memakai pakaian berwarna gelap selama mens.

Nah, kalau Anda terjebak pada pertanyaan yang lebih sulit, ajaklah dia untuk bersama-sama mencari jawabannya di buku atau internet. [][teks @tantedow/berbagai sumber | foto huffingtonpost.com & yahoo.com]