Mempersiapkan Anak Untuk Daycare
Parenting

Mempersiapkan Anak Untuk Daycare

by Dewi
Fri, 29-Jul-2016

Sekarang ini ibu bekerja dimudahkan dengan menjamurnya bisnis daycare di mana-mana. Bagi kamu yang kondisinya nggak memungkinkan untuk menitipkan anak pada orangtua atau saudara, daycare ini bisa diandalkan. Tapi sebaiknya baca dulu langkah-langkah berikut..

Sebelum Anda benar-benar menitipkan anak di daycare, ada baiknya dilakukan pengenalan dan penyesuaian terlebih dahulu supaya anak nggak kaget dan nggak terjadi "huru hara".

Setelah Anda memilih daycare yang tepat untuk anak, seminggu sebelum mulai masuk kerja ajaklah anak untuk bermain di sana selama satu atau dua jam. Biarkan anak mengenali situasi dan para pengasuh di daycare. Bila ada mainan yang dia suka, sebaiknya dibawa, itu akan mempermudah anak untuk merasa betah nantinya.

Kemudian satu atau dua hari cobalah untuk meninggalkan anak selama satu atau dua jam. Katakan padanya bahwa Anda harus pergi dan nanti akan menjemputnya kembali. Jangan lupa untuk membawa semua yang biasa anak gunakan agar anak tidak benar-benar merasa asing. Seperti peralatan makannya, botol minumnya, mainan atau selimut kesayangannya, dan tentu saja makanan kesukaannya.

Sebaiknya trial dilakukan pada jam anak bermain sehingga dia bisa merasakan kesenangan di daycare. Jangan lakukan pada jam tidurnya, karena tujuan Anda untuk membuat anak familiar dengan tempat itu nggak akan tercapai nantinya.

Ketika menjemputnya, mainlah di sana sebentar sebelum pulang, sehingga anak tidak menganggap kedatangan Anda adalah untuk “menyelamatkannya” dari tempat tersebut.

Informasikan kepada pengasuh di daycare jadwal anak Anda minum susu, makan, bermain, dan istirahat. Serta apa aja yang menjadi kebiasaannya. Ini untuk menjaga agar anak tetap pada jadwalnya yang biasa sehingga nggak menyusahkan Anda saat weekend.

Saat Anda akan meninggalkan anak di daycare, pamitlah, jangan pergi diam-diam. Katakan bahwa Anda harus pergi bekerja dan akan menjemputnya nanti.

Jika anak biasa minum susu 3 kali dalam jangka waktu tersebut, bawakan ekstra untuk 1 kali minum. Ini bisa menjadi "senjata" bagi para pengasuh di daycare, sebab untuk rasa nyaman biasanya anak akan mencari susu 'kan?

Nah, jika Anda sudah berhasil menitipkan anak di daycare tanpa ada drama, jangan lupa untuk menghabiskan banyak waktu bersamanya setelah itu ya.. Kasih sayang, sentuhan, dan perhatian orang tua terhadap anak tetap tak tergantikan.. [][teks @tantedow/babble.com | foto dcschoolhub.com & steppingstonesabq.com]