Ngobrol Dengan Anak
Parenting

Ngobrol Dengan Anak

by Dewi
Mon, 08-Aug-2016

Saat anak pulang sekolah, Anda pasti ingin sekali mendengarkan ceritanya. Tapi nggak semua anak pandai bercerita lho. Kalau Anda nggak pintar mancingnya, jawaban yang didapat "Asik" atau "Ya gitu deh" atau yang paling banyak "Biasa aja". Nah, supaya Anda bisa mendapatkan cerita lebih banyak darinya, coba intip contekan pertanyaan berikut ini ya, siapa tau bisa membantu..

1. Hari ini ada pelajaran menggambar ya, kamu gambar apa tadi? Ibu/Ayah lihat dong..

2. Tadi belajar apa? Coba kamu tanya Ibu/Ayah, kalo Ibu/Ayah nggak tau jawabannya, kamu boleh makan es krim deh!

3. Di sekolah tadi teman-teman kamu seru nggak, atau kamu seru sendiri? Tunggu responnya, lalu Anda bisa lanjutkan dengan pertanyaan lanjutan, misalnya " Ngapain aja sih?" dengan nada manis tentunya ya..

4. Kalo kamu boleh pilih satu mata pelajaran aja sehari, kamu pilih pelajaran apa? Kenapa kok pilih itu?

5. Misalnya kamu jadi Bu Guru, apa yang kamu akan ajari ke teman-temanmu? Kamu jadi guru yang galak nggak?

6. Bekal kamu habis, nak? Temanmu bawa apa tadi? 

7. Hari ini olahraganya apa? Kamu pasti hebat ya, ajari Ibu/Ayah dong..

Dan masih banyak lagi pertanyaan pancingan yang bisa disesuaikan dengan kegiatan atau sekolah anak, kita sebagai orangtua memang harus kreatif. Yang perlu diingat, saat Anda bertanya, jangan gunakan nada menginterogasi ya. Anggaplah dia sebagai teman ngobrol Anda, gali ceritanya perlahan-lahan, dan jangan biarkan apapun mengganggu perhatian Anda padanya.. [][teks @tantedow/sheknows.com | foto connectfamily.in & express.co.uk]