Jika si Kecil Murung
Parenting

Jika si Kecil Murung

by Dewi
Sun, 14-Aug-2016

Biasanya jika si kecil pulang sekolah, Anda pasti ingin mendengar celotehnya tentang pelajaran dan teman-temannya hari itu. Tapi gimana jika suatu hari Anda melihatnya pulang dengan wajah murung, tapi nggak mau cerita masalahnya? 

Jika anak enggan bercerita, sebaiknya Anda nggak terus memberondongnya dengan pertanyaan. Itu akan membuat mulutnya semakin terkunci. Beri si kecil waktu sampai dia merasa nyaman di rumah, cari waktu yang tepat untuk bertanya.

Andai Anda sudah berhasil membuatnya cerita, apapun masalahnya, hindari sikap menghakimi atau langsung membela dirinya mati-matian. Tetaplah netral. Karena sebagai orang tua kita harus bisa melihat permasalahannya secara jelas sehingga dapat memberikan solusi terbaik.

Bila masalahnya menyangkut teman sekolah atau guru, coba dapatkan cerita dari mereka juga agar Anda bisa mencari solusi yang tepat. Dan jika anak Anda yang melakukan kesalahan, maka beritahu dia apa kesalahannya serta apa yang harus dia lakukan agar nggak terulang kembali.

Yang penting untuk Anda lakukan adalah usahakan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan si kecil. Mulailah sedini mungkin, agar dia percaya Andalah tempat curhat terbaiknya.. [][teks @tantedow | foto pixabay.com & worksmartlivesmart]