Keuntungan Kelas Kecil
Parenting

Keuntungan Kelas Kecil

by Dewi
Sat, 01-Oct-2016

Sekarang ini banyak sekolah menawarkan “kelas kecil”. Maksudnya, kelas dengan jumlah murid maksimal hanya separuh dari jumlah murid sekelas pada umumnya. Masih bingung? Contohnya sekolah di samping rumah saya. Satu kelas hanya menerima maksimal 20 murid. Sedangkan sekolah lain [umumnya sekolah negeri] masih menerima 40 murid dalam satu kelas.

Tentu bukan tanpa alasan kelas kecil itu tercipta. Berikut ini kita bisa sama-sama baca kelebihan yang bisa anak dapat jika belajar dalam kelas yang jumlah muridnya nggak terlalu banyak.

1. Dengan jumlah murid yang sedikit, guru-guru bisa memperhatikan anak satu per satu. Membimbing dengan lebih intensif jika ada anak yang membutuhkan penjelasan ekstra. Dengan begitu kemungkinan anak mendapatkan nilai bagus menjadi lebih besar.

2. Jumlah teman yang nggak terlalu banyak membuat anak-anak menjadi lebih dekat satu sama lain. Mereka akan sering bermain bersama, maka ikatan pertemanan di antara mereka akan menjadi lebih kuat.

3. Nggak semua anak memiliki cara belajar yang sama. Ada yang visual, kinestetik, dan auditori. Nah dengan jumlah murid yang sedikit, guru-guru memiliki peluang untuk bisa menyesuaikan cara pengajaran dengan cara belajar masing-masing anak. Sehingga nggak ada anak yang tertinggal pelajaran.

4. Coba ingat-ingat saat kita belajar dengan kelas berisi 40 orang murid. Ketika guru sedang menerangkan, pasti ada aja yang usil dan akhirnya memecah konsentrasi yang lain. Plus jam pelajaran berkurang karena terpotong guru yang ngomel-ngomel. Nah di kelas kecil, disiplin akan lebih mudah ditegakkan dan konsentrasi akan lebih terjaga.

5. Dan dengan kelas kecil, waktu belajar menjadi lebih panjang. Kok bisa? Bayangkan, dalam kelas yang berisi 40 murid, berapa menit yang dihabiskan guru untuk mengabsen? Berapa lama anak harus menunggu giliran saat pelajaran membaca?

Kelebihan-kelebihan di atas hanya sebagai bahan pertimbangan lho.. Jika Anda tetap memilih anak masuk ke “kelas besar” itu bukan masalah. Karena jika anak Anda memerlukan bimbingan ekstra, Anda bisa panggilkan guru les ke rumah yang menguasai mata pelajaran yang dibutuhkan anak. Ajaklah beberapa anak tetangga supaya nggak terlalu mahal.. [][teks @tantedow/berbagai sumber | foto teachersjourneytolife.com & nwacademy.org]