Seru-seruan Bareng Anak di Kala Hujan
Parenting

Seru-seruan Bareng Anak di Kala Hujan

by Sherra
Sat, 19-Nov-2016

Kalau lagi hujan, nggak perlu larang-larang anak Anda buat tetap bermain di luar. Tapi kalau hujan lebat dan banyak petir mungkin jangan ya. Itu mah ngundang bencana. Nah, kalau hujan yang sekiranya bisa ditoleransi, ya okelah. Jangan biarkan main gadget aja di rumah, mereka perlu kegiatan fisik.

Jangan takut anak Anda bakal sakit. Bukan bermain hujan yang menyebabkan mereka sakit, melainkan terjangkit kuman penyebab penyakit yang biasanya dari air kotor, yaitu air hujan yang keluar melalui pancuran atap atau air banjir.

Sebelum membiarkan mereka main hujan, pastikan mereka sedang fit dan sudah makan biar nggak kedinginan. Eits, jangan lupa bekali mereka dengan jas hujan dan sepatu boots ya. Beberapa kegiatan ini biasa Anda lalukan bersama buah hati saat hujan-hujanan di luar rumah.

1. Main harta karun. Buat satu set petunjuk untuk setiap pemain. Masing-masing petunjuk mengarah ke petunjuk berikutnya hingga menemukan harta karun. Isi harta karun bisa saja mainan atau makanan kesukaan si anak yang disembunyikan.

2. Camping di taman. Ini biar si anak merasa dirinya sedang bertualang. Trus di dalamnya bisa sambil membaca cerita atau main board game, seperti monopoli, ular tangga, atau scrabble.

3. Hujan bikin tanah basah. Ambil ember dan sekop mainan. Biarkan mereka bereksperimen dengan tanah atau lumpur yang basah itu.

4. Bikin permainan isi botol atau gelas plastik dengan air hujan. Tempatkan banyak wadah, dan biarkan si anak menebak wadah mana yang akan penuh duluan.

5. Punya kamera waterproof? Biarkan anak memotret apa yang menurut mereka menarik.

6. Bikin perahu buatan. Entah pakai potongan kayu kecil atau kertas. Klasik sih. Lombakan perahu-perahu itu deh.

7. Buka sepatu boots dan biarkan kaki-kaki kecil melangkah di tanah atau rumput yang basah. Biarkan mereka menari-nari dan loncat-loncat kegirangan.

8. Anak-anak mencicipi air hujan yang jatuh langsung dari langit? Nggak apa.

9. Ajak mereka membuat alat musik dengan panci atau wajan di tengah hujan. Suara gemericik hujan yang jatuh di atasnya akan menambah keseruan.

10. Jalan-jalan sambil menyanyikan lagu kesukaannya. Apalagi yang berhubungan dengan hujan. Tik.. tik.. tik.. bunyi hujan di atas genting~

Setelah bermain hujan, jangan lupa mandi yang bersih. Berikan mereka minuman hangat dan pancing mereka untuk cerita bagaimana pengalamannya bermain hujan. [][teks @saesherra | foto pixabay.com]