Inilah Cara Biar Anak Suka Baca
Parenting

Inilah Cara Biar Anak Suka Baca

by Sherra
Tue, 22-Nov-2016

Udah ada penelitian kalau minat baca di Indonesia rendah banget. Menurut hasil survei UNESCO, dari 61 negara di dunia, Indonesia berada di peringkat ke- 60. Padahal membaca itu bisa memancing imajinasi, mengasah kecerdasan, meningkatkan kosakata, meningkatkan keterampilan berkomunikasi, dan tentunya menambah wawasan.

Anda suka membaca? Nah, alangkah baiknya kalau membaca sudah diperkenalkan ke anak Anda sejak kecil. Ya, supaya menjadi kebiasaan positif yang akan terus mereka lakukan hingga dewasa.

Coba lakukan tiga hal ini supaya anak ikut gemar membaca:

1. Jadilah storyteller untuk anak Anda.

Bacakan buku dengan gambar menarik buat si kecil. Ketika mereka besar mungkin agak susah membuat mereka duduk, diam, dan mendengarkan. Tapi usahakanlah duduk bersama, dan sebutkan tiap karakter di dalam buku. Ajaklah berdiskusi tentang ceritanya. Bisa juga ceritakan dongeng sebelum tidur. Simak tipsnya di sini ya.

2. Temani mereka membaca.

Ketika anak Anda sudah mulai bisa membaca sendiri, pilihlah buku dengan kata-kata yang mudah mereka baca. Biarkan mereka membaca satu paragraf, selebihnya Anda lanjutkan. Pelan-pelan biarkan mereka membaca lebih banyak. Koreksilah bila ada kesalahan pengucapan kata. Waktu-waktu seperti ini mesti santai. Jangan gabungkan dengan PR dari sekolah. Ajak mereka ke toko buku atau perpustakaan dan pilihkan buku yang mereka suka.

3. Membacalah di dekat mereka.

Iya, biar tertanam di otak anak-anak bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan dan sangat berarti. Anda juga bisa ceritakan apa yang Anda baca. Pancing rasa ingin tahu mereka tentang buku yang Anda baca. Nantinya biar mereka sendiri yang cari tahu dengan membaca buku tersebut.

Kalau bisa, atur beberapa pojokan rumah menjadi ruang baca atau perpustakaan mini. Supaya Anak semangat membaca. Contohnya bisa lihat di sini ya. [][teks @saesherra | foto pixabay.com, gettyimages.com]