Warisan Ibu Bekerja Pada Anaknya
Parenting

Warisan Ibu Bekerja Pada Anaknya

by Dewi
Fri, 13-Jan-2017

Saya mendukung ibu yang bekerja, saya yakin pasti ada alasan yang bagus di balik keputusan seorang ibu untuk bekerja. Apapun itu, selama untuk tujuan yang baik, menurut saya sepantasnya pasangan dan keluarganya mendukung.

Jika Anda termasuk yang nggak bisa menyetujui seorang ibu untuk bekerja, saya pun yakin pasti ada alasan yang baik di balik ketidaksetujuan Anda. Namun kalo boleh, saya ingin sekali membeberkan beberapa hal baik yang bisa didapat anak apabila ibunya bekerja. Setelah membaca tulisan ini, keputusan tetap ada di tangan Anda kok..

Dari sebuah artikel di popsugar.com yang saya baca, berdasarkan sebuah penelitian di Amerika, didapat bahwa anak perempuan yang memiliki ibu bekerja akan menjadi wanita yang tangguh. Menyelesaikan pendidikan tinggi, besar kemungkinan untuk bekerja dan menduduki posisi tinggi, serta tentu aja ujung-ujungnya memiliki pendapatan yang besar. Sedangkan anak laki-laki dengan ibu bekerja, setelah dewasa mereka akan lebih menghargai waktu bersama keluarga dan banyak meluangkan waktu bersama anak. Percaya atau tidak, silakan Anda riset sekitar Anda..

Anak adalah “mesin fotocopy”, tanpa Anda sadari anak merekam apa yang dia lihat dan kemungkinan besar akan melakukan hal yang sama dengan kita. Bila orangtuanya melakukan hal-hal yang positif tentunya di kemudian hari anak pun akan melakukan hal-hal yang baik. Sebuah artikel lain di shewrites.com mengungkapkan beberapa keuntungan yang bisa didapat anak bila ibunya bekerja:

1. Kemampuan mengatur waktu.

Seorang ibu yang bekerja terbiasa untuk membagi waktunya antara mengurus rumah tangga, mengurus anak, melakukan tugas kantor, membantu anak membuat PR, parents-teacher meeting, dan masih banyak lagi yang akan membuat Anda takjub sendiri. Kalo ibu berhasil melakukan semuanya dengan baik, nasehat dan masukan yang diberikan kepada anak pasti jempolan.

2. Sikap positif dan optimis.

Seorang ibu yang berusaha untuk mengurus segala hal dengan baik, tanpa terlihat mengeluh dan pesimis, akan menjadi panutan yang sangat baik bagi anak.

3. Memahami buah dari kerja keras.

Jika sesekali ibu bekerja meluangkan waktu untuk menceritakan pekerjaannya kepada anak, membagi pengalamannya saat merintis hingga berada di posisi saat ini, anak akan dapat memahami arti positif dari bekerja. Dan mengerti bahwa segala sesuatu harus dikejar dengan semangat dan optimis.

Tentu aja ibu rumahtangga pun memiliki banyak pelajaran berharga yang dapat diberikan kepada anak-anaknya. Saya hanya ingin mengingatkan bahwa ibu bekerja nggak perlu kecil hati, karena Anda pun masih bisa memberikan pelajaran-pelajaran berharga dalam hidup anak Anda. Hanya saja mungkin dengan cara yang berbeda.. [][teks @tantedow/popsugar.com & shewrites.com | foto huffpost.com & westchestermagazine.com]