Wisata Rumah Ibadah Komunitas Bhinneka
Parenting

Wisata Rumah Ibadah Komunitas Bhinneka

by Hagi
Wed, 20-Sep-2017

Commuters, untuk mengenalkan anak-anak pada keberagaman agama di Indonesia, sekali lagi Komunitas Bhinneka menggelar Wisata Rumah Ibadah [WRI] pada Minggu [16/09]. Kegiatan ini diikuti 100 peserta yang merupakan siswa-siswa usia 10-12 tahun dari berbagai sekolah di wilayah Jabodetabek.

WRI kali ini berkunjung ke rumah ibadah di lingkungan yang lebih dekat dengan keseharian anak-anak. Rumah-rumah ibadah yang akan dikunjungi adalah GKI Cinere, Vihara Ratana Graha, Lithang Bakti, Masjid Jami' Imam Bonjol, Gereja St. Matias, dan Pura Amrta Jati.

Menurut psikolog Vera Itabiliana, Psi., di rentang usia 10-12 tahun, anak sudah mulai intens berinteraksi dengan lingkungan yang lebih beragam dan berbeda dengan dirinya, sehingga membutuhkan bekal yang kuat agar anak mampu menerima perbedaan. “Anak perlu memahami bahwa perbedaan itu bukanlah hal yang aneh,” ujar Vera.

Selain siswa, WRI kali ini juga mengundang perwakilan dari 10 sekolah, dengan harapan mereka bisa mengamati kegiatan WRI dan ke depannya bisa mengadaptasi kegiatan WRI di dalam lingkungan sekolah masing-masing. Ini berarti WRI dapat menjadi contoh atau inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di area-area lain untuk bergerak membuat kegiatan serupa.

Ketua Panitia WRI, Prameshwari Sugiri menyatakan, WRI kali ini melibatkan 3 pemegang peran penting dalam pendidikan anak, yaitu anak, orangtua, dan guru. WRI memulai kolaborasi antara Komunitas Bhinneka, Sekolah Gemala Ananda, Sekolah Kembang, Ganara Art, Winson Keluarga Dongeng, para psikolog, dan orang-orang yang juga memiliki kepedulian sama akan kondisi di Indonesia. “Dengan keterlibatan berbagai pihak tersebut, maka kegiatan dalam WRI menjadi lebih beragam dan menyenangkan, karena anak tidak hanya dikenalkan dengan tempat-tempat ibadah, namun juga akan mengikuti kegiatan-kegiatan seni, games, dan dongeng Pancasila,” kata Prameshwari.

Hingga saat ini Komunitas Bhinneka sudah menggelar WRI 4 kali, dan WRI pada 16 September lalu merupakan kegiatan WRI ke-5. Dengan semangat dan tujuan sama, pada Agustus 2017, WRI digelar di Jakarta, dengan peserta anak-anak Sekolah Menengah Atas dari berbagai agama. Ketika itu, mereka diajak mengunjungi rumah-rumah ibadah besar di Jakarta, yakni Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Gereja Imanuel, Vihara/Klenteng Bahtera Bhakti, dan Pura Adhitya Jaya Rawamangun.

Komunitas Bhinneka berharap program WRI ini bisa diadopsi masyarakat dan menjadi program intrakurikuler di lingkungan sekolah. Komunitas Bhinneka mempertegas upaya belajar menjadi pluralis, toleransi, dan menghargai kemanusiaan yang adil dan tetap beradab, sesuai dengan butir-butir Pancasila. Indonesia membutuhkan generasi yang berketuhanan dengan iman yang tebal, memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, saling menghargai sebagai sesama manusia [humanity], demokratis, adil sejak dalam hati.

[][teks @evaevilia/PR | foto Komunitas Bhinneka]