}
3 Kata Wajib Ajarkan Pada Anak
Parenting

3 Kata Wajib Ajarkan Pada Anak

by Intern 2
Wed, 18-Jul-2018

Ada pepatah mengatakan,

Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki

Jika anak dibesarkan dengan penghinaan, ia belajar menyesali diri

Jika anak dibesarkan dengan toleransi, ia belajar menahan diri

Jika anak dibesarkan dengan perlakuan baik, ia belajar keadilan

Membesarkan, merawat, dan mendidik seorang anak memang bukanlah hal yang mudah, melainkan butuh komitmen dan perlu kesabaran serta ketekunan yang ekstra.

Namun, sebenarnya mengajarkan anak tentang perilaku baik pun bisa dilakukan dengan cara sederhana. Cara sederhananya, misal mengajarkan anak dengan kata-kata yang kita biasakan kepada mereka.

Berikut LINIKINI bagikan kepada commuters 3 kata wajib yang diajarkan pada anak.

1. “Maaf”

Hal yang paling mahal dan sulit dicari di dunia ini salah satunya adalah kata “Maaf”.

Biasakan anak selalu mengatakan “Maaf” karena tidak semua orang mampu mengucapkan kata ini dengan tulus dan benar-benar mengakui segala kesalahan yang telah diperbuat.

Dengan mengajarkan dan membiasakan anak untuk selalu mengucapkan kata “Maaf”, anak akan terbiasa dan tidak asing untuk mengucapkannya, sehingga ia terbiasa dari kecil untuk belajar mengakui kesalahan yang diperbuatnya, baik kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

2. “Tolong”

Terkadang kita tidak sadar kalau kita perlu bantuan dari orang lain, bahkan sampai lupa mengatakan kata “Tolong”.

Kata “Tolong” sebenarnya besar pengaruhnya lho, commuters. Dengan mengucapkan kata “Tolong”, maka bantuan yang datang akan terasa lebih ikhlas. Dari kedua pihak yang ditolong dan penolong pun akan sama-sama merasa dihargai.

Nah, mulai sekarang jangan memerintah ya kalau kita yang butuh, tapi biasakan dengan mengucapkan kata “Tolong”.

3. “Terimakasih”

Hal yang paling mahal dan sulit selain dari kata “Maaf” adalah kata “Terimakasih”.

Memiliki anak yang pandai dan santun menjadi impian setiap orangtua. Namun, mendidik anak untuk bersikap santun tidaklah mudah.

Sopan santun sudah selayaknya diajarkan sejak dini agar menjadi kebiasaan bagi anak. Salah satu sopan santun yang paling mudah untuk dilakukan adalah mengucapkan “Terimakasih”.  

Meski sebenarnya mudah, namun kenyataannya kata-kata ini sangat jarang diucapkan anak-anak zaman sekarang. Padahal ucapan “Terimakasih” mempunyai arti dan makna yang mendalam. [][teks @yolabonnita | foto pinterest, kidsu.ca]